4 Sistem Pemerintahan Negara Federal Yang Diterapkan Sekarang Ini

Setiap negara yang merdeka dan berdaulat tentu membutuhkan pengaturan terhadap beberapa aspek dalam pembentukan negara seperti bentuk dari negara tersebut dan sistem pemerintahannya. Ada tiga bentuk negara yang sampai sekarang dianut oleh beberapa negara yang berbeda beda yakni negara kesatuan, negara konfederasi, dan negara federal. Negara federal secara definsi adalah sebuah federasi dari gabungan negara negara bagian yang bekerja sama dan bersatu. Negara federal merupakan induk dari gabungan negara negara bagian tersebut. Dalam setiap bentuk negara tentu ada sistem pemerintahan yang menjadi landasan jalannya roda pemerintahan negara tersebut. Berikut ini beberapa sistem pemerintahan negara federal diantaranya seperti :

  1. Sistem pemerintahan presidential

Secara pilihan sistem pemerintahan yang dianut, negara federal dan negara kesatuan dapat menerapkan sistem manapun yang sekirannya cocok dengan karakteristik negara masing masing. Sistem pemerintahan negara federal yang pertama dan paling banyak digunakan adalah presidential. Sistem pemerintahan ini dipimpin oleh presiden sebagai kekuasaan eksekutif yang dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu. Presiden dalam sistem pemerintahan ini memiliki peran sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Contoh negara dengan karakteristik negara federal yang menganut sistem pemerintahan ini adalah Amerika Serikat.

  1. Sistem pemerintahan parlementer

Sistem pemerintahan parlementer pada negara federasi dapat dicontohkan dari negara federasi jerman yang terdiri atas 13 negara bagian dan 3 kota setingkat negara bagian. Dalam sistem pemerintahan parlementer, parlemen memegang peran yang sangat vital salah satunya memilih dan menggangkat maupun menurunkan perdana menteri. Sistem pemerintahan parlementer dapat memiliki presiden dan perdana menteri secara langsung dengan tugas dan wewenang yang berbeda. Presiden bertindak sebagai kepala negara saja sedangkan perdana menteri merupakan kepala pemerintahan.

  1. Sistem pemerintahan komunis

Sistem pemerintahan lain yang pernah di jalankan sebagai landasan kinerja pemerintah negara federal adalah komunis. Sistem pemerintahan komunis selalu menimbulkan banyak kontroversi bahkan pada jaman perjuangan ada larangan terhadap sistem pemerintahan yang lahir dari kaum komunis tersebut. Negara komunis anti kapitasi tidak akan mengakui kekayaan individu melainkan semuanya harus rata.Contoh negara federal yang pernah menggunakan sistem pemerintahan tersebut adalah Republik Federal Sosialis Yugoslavia yang sudah lama tidak lagi ada karena negara di dalamnya telah merdeka satu sama lain. Negara yang dulunya masuk dalam federal tersebut seperti Slovenia, Kroasia, Makedonia, Bosnia- Herzegovia. Pemerintahan komunis tentu berbeda dengan sistem pemerintahan presidensial.

  1. Sistem pemerintahan liberal

Sistem pemerinatahan terakhir yang pernah dianut oleh negara federal adalah sistem pemerintahan liberal. Sistem tersebut menjadikan negara bebas dalam segala hal termasuk persamaan hak dan politik. Sistem pemerintahan liberal tidak mengenal adanya batasan baik yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun agama sekalipun. Contoh negara federal yang pernah menerapkan sistem pemerintah liberal tersebut adalah Kanada sebagai salah satu contoh negara negara yang menganut ideologi liberalisme.

Itulah ke empat contoh sistem pemerintahan negara federal yang diterapkan oleh negara dengan bentuk federasi. Dari ke empat sistem pemerintahan yang disebutkan diatas, pemerintahan presidential dan parlementer lebih banyak diterapkan dibandingkan sistem pemerintahan lainnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pemerintahan