Bentuk Dan Sistem Pemerintahan Negara Perancis

Bentuk dan sistem pemerintahan yang ada pada suatu negara tentu ditentukan dan ditetapkan berdasarkan pertimbangan pertimbangan tertentu termasuk sejarah yang ada dari terbentuknya negara tersebut. Bentuk dan sistem pemerintahan dibuat untuk mengatur dan mengorganisasi setiap individu yang berada di dalam sebuah negara serta menata arah dan tujuan dari negara tersebut. Sebagai bagian dari pembelajaran pelajaran pendidikan kewarganegaraan, mempelajari sistem pemerintahan suatu negara perlu untuk dilakukan dengan salah satu caranya adalah melihat contoh langsung negara tertentu. Dalam pembahasan artikel kali ini akan diulas mengenai sistem pemerintahan negara perancis sebagai negara yang menganut ideologi liberalisme yang berlaku sekarang melalui ulasan ulasan di bawah ini.

  • Bentuk negara

Perancis merupakan negara yang berada di benua eropa dan dikenal sebagai salah satu kiblat dari dunia fashion internasional. Perancis menjadi negara Eropa Barat yang teritorinya berada di dataran eropa, pulau diseberang dataran eropa, serta beberapa teritori lain diluar benua. Perancis merupakan negara republik yang dalam sejarahnya pernah berbentuk sebagai negara monarki. Perancis merupakan negara republik yang memiliki tradisi demokrasi kuat sejak dulu. Sebagai aturan bernegara, perancis menerapkan konstitusi republik ke lima yang telah disahkan melalui referendum pada tanggal 28 september 1958. Sistem pemerintahan Perancis menjadi salah satu contoh lain dari sebuah sistem yang diterapkan oleh suatu negara yang berbeda dengan bentuk  pemerintahan negara belanda.

  • Sistem pemerintahan

Perancis yang berbentuk negara republik menerapkan sistem pemerintahan semi presidensial uniter dengan demokrasi yang sangat kental dalam negara tersebut. Pemerintahan semi presidensial merupakan pengabungan antara sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Sebagai negara dengan sistem pemerintahan semi presidensial, maka ada dua pemimpin eksekutif yang memilki peranan tersendiri yakni Presiden Perancis sebagai kepala negara dan Perdana Menteri yang memerintah pemerintahan. Kekuaraan legislatif di negara Perancis diperankan oleh parlemen bikameral atau parlemen dua kamar yang terdiri dari majelis nasional dan senat.

Presiden perancis terpilih berdasarkan hasil pemilihan warga perancis dewasa yang sudah memiliki hak pilih dan akan menjabat selama 5 tahun. Sedangkan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan dipilih secara langsung oleh Presiden sebagai pemimpin lembaga eksekutif. Parlemen perancis yang terdiri dari dua lembaga yakni majelis nasional dan senat memiliki masa jabatan yang berbeda. Majelis nasional mewakili konstitusien lokal dan akan menjabat selama 5 tahun dengan tugas dan wewenang untuk menetapkan pilihan pemerintah dan membubarkan kabinet. Sedangkan senat dipilih oleh dewan pemilih yang akan menjabat selama 6 tahun. Kedua lembaga legislatif tersebut memiliki wewenang dan tingkat kuasa yang berbeda dimana majelis nasional menjadi pemutus terakhir.

Itulah beberapa penjelasan mengenai sistem pemerintahan Perancis yang sangat menarik untuk dipahami dalam kaitannya dengan pembelajaran pelajaran pendidikan kewarganegaraan atau PKN di sekolah. Perancis menjadi salah satu contoh negara yang memberlakukan sistem pemerintahan berbeda dibandingkan negara negara lain dimana secara prinsip atau teori, sistem pemerintahan negara yang diterapkan oleh Perancis disebut sebagai sistem pemerintahan semi presidensial dimanan mengabungkan perbedaan serta persamaan sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Definsi sistem pemerintahan semi presidensial tersebut adalah sistem pemerintahan yang secara prinsipnya mengabungkan sistem parlementer dan sistem presidensial dalam mengatur sebuah negara serta pemerintahannya yang juga dikenal dengan sebutan dual eksekutif karena ada perdana menteri dan presiden.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pemerintahan