4 Ciri-Ciri Perbedaan Antara Suku Bangsa yang Mendasar

Dunia ini memiliki beragam macam suku bangsa, tidak hanya satu bahkan ribuan atau lebih suku bangsa di dunia ini. Suku bangsa yang ada di dunia ini berbeda-beda, bahkan di Indonesia sangat kaya akan suku dan budayanya, suku di Indonesia ini ada banyak sekali bukan? Sebenarnya ini bisa terjadi akibat adanya berbagai macam penyebab terciptanya masyarakat majemuk dan multikultural sehingga suku bangsa di dunia ini menjadi sangat beragam. Karena banyaknya suku bangsa di dunia yang kita tinggali ini maka kita harus tahu bagaimana ciri-ciri perbedaannya. Sehingga kita bisa memahami adanya suku bangsa yang heterogen di dunia ini. Oleh karena itu berikut adalah ciri-ciri perbedaan antara suku bangsa :

  1. Bahasa yang berbeda

Ciri pertama yang membedakan adalah dari bahasa yang mereka gunakan. Setiap suku bangsa yang ada di dunia ini pasti memiliki bahasa masing-masing, setiap daerah maka berbeda bahasanya. Setiap suku bangsa pasti memiliki bahasa nasional dan juga bahasa adat-nya sendiri-sendiri. Hal inilah hal paling mendasar yang membedakannya dengan suku bangsa yang lainnya dan menjadi ciri khas dari suku bangsa tersebut. Jadi juga jangan heran jika di setiap negara banyak sekali bahasa daerah yang mereka gunakan, seperti misalnya di Indonesia sendiri. Bahasa suku yang ada di Jawa Timur beda dengan Jawa Barat, walau mungkin serumpun namun berbeda karena suku yang juga berbeda.

  1. Perbedaan ciri fisik

Ciri-ciri perbedaan antara suku bangsa yang kedua adalah perbedaan ciri fisik. Perbedaan ini merupakan perbedaan yang paling mencolok dan sangat mudah dikenali, setiap suku bangsa pasti memiliki perbedaan mengenai ciri fisik dan perawakannya. Hal inilah adalah poin terpenting yang memudahkan setiap masyarakat untuk bisa membedakan suku bangsa. Misalnya saja orang Indonesia mayoritas memiliki kulit kuning atau sawo matang. Sedangkan orang Korea berkulit putih, dan Afrika mayoritas berkulit hitam. Hal ini adalah perbedaan dasar yang bisa membedakan setiap suku bangsa yang ada di dunia. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor cuaca dan letak geografis dimana suku bangsa tersebut tinggal. Kita juga harus tahu apa saja perbedaan bangsa dan negara.

  1. Logat bahasa

Perbedaan yang ketiga adalah logat, selain bahasanya yang berbeda logat bahasa dan cara bicara setiap suku bangsa di dunia atau di Indonesia sendiri memang berbeda ya. Walau mungkin masih satu negara dan bahasa nasional yang digunakan sama namun tetap saja ada logat maupun akses khusus dalam cara bicaranya. Hal inilah yang membedakan setiap orang berasal dari suku bangsa mana. Tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki beberapa logat, di setiap bagian daerah pun jika berbeda daerah pasti logatnya berbeda. Ini yang disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika.

  1. Adat istiadat, kesenian budaya

Hal terakhir yang membedakan adalah adat istiadat dan juga kesenian budaya yang mereka miliki. Setiap suku bangsa di dunia tentu saja memiliki berbagai macam adat istiadat dan kesenian budaya yang berbeda. Hal ini menjadi daya tarik bagi bangsa lainnya, karena adat dan kesenian buadaya di satu suku belum tentu ada di suku lainnya. Sehingga itu bisa menjadi daya tarik sendiri, seperti di Indonesia yang memiliki banyak sekali suku bangsa sehingga bangsa Indonesia sangat kaya dan ragam budayanya. Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus tahu cara melestarikan budaya. Sehingga setiap budaya dan kesenian akan tetap terjaga dan tidak luntur di dunia yang modern ini.

Itu dia beberapa ciri-ciri perbedaan antara suku bangsa yang bisa kita pahami bersama. Sudah sebaiknya kita menjaga budaya Indonesia dengan baik dan benar, kita juga perlu tahu budaya Indonesia yang diakui UNESCO sehingga kita akan bangga menjadi warga Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 01st, December 2017 / 00:59 Oleh :
Kategori : Negara