5 Faktor Pendorong dan Faktor Penghambat Disintegrasi Bangsa

Kali ini kita akan kembali dan membahas mengenai disintegrasi sebuah bangsa. Disintegrasi sendiri adalah perpecahan atau hilangnya persatuan sebuah bangsa sehingga menyebabkan bangsa itu menjadi terpecah dan tidak lagi menjadi satu entah itu pendapat atau yang lainnya. Disintegrasi sendiri disebabkan oleh banyak faktor, dan disintegrasi sendiri terjadi di banyak sekali bagian dunia. Bahkan di Indonesia sendiri sekarang sudah kita lihat seringkali terjadi disintegrasi. Penyebab disintegrasi nasional harus kita pahami dengan baik. Namun kali ini kita tidak akan membahas disintegrasi yang terjadi di Indonesia saja, kali ini kita akan membahasnya secara global yaitu faktor pendorong disintegrasi bangsa dan juga faktor penghambatnya. Berikut adalah infromasi lengkapnya :

Faktor pendorong disintegrasi bangsa

Yang pertama adalah kita akan membahas apa saja faktor pendorong yang menyebabkan disintegrasi bangsa itu bisa terjadi. Sebuah hal bisa terjadi tentu saja karena ada faktor pendorong yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah faktor pendorongnya :

  1. Perbedaan pendapat

Faktor pendorong terjadinya disintegrasi bangsa yang pertama adalah karena adanya perbedaan pendapat di tengah masyarakat itu. Perbedaan pendapat yang  ada di tengah masyarakat itu bisa menyebabkan adanya konflik bahkan sampai perpecahan. Hal ini sebenarnya terjadi karena masyarakat yang heterogen dan memaksakan kehendak masing-masing tanpa mempedulikan orang lain.

  1. Adanya isu-isu yang mengandung SARA

Contoh konflik sosial dalam masyarakat yang selanjutnya biasanya disebabkan karena adanya isu-isu yang disebarkan di masyarakat mengenai isu SARA. Hal-hal yang menyinggung agama, suku, dan ras ini biasanya akan dengan mudah menyulut amarah dan memancing terjadinya konflik sampai akhirnya terjadi disintegrasi sebuah bangsa. Bahkan ada beberapa oknum tak bertanggung jawab yang menjadi provokator menggunakan poin ini untuk keuntungan mereka sendiri dan mengakibatkan terjadinya disintegrasi bangsa. Oleh karena itu sebagai warga yang baik kita wajib tahu mengenai fungsi toleransi dalam kehidupan.

  1. Norma yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya

Faktor pendorong yang ketiga adalah norma yang ada di sebuah bangsa itu sudah tidak berfungsi dengan semestinya. Norma yang dahulu dibuat untuk mencapai tujuan di dalam masyarakat sudah tidak digubris dan diabaikan sehingga tidak ditaati lagi sehingga bisa menyebabkan disintegrasi bangsa. Oleh karena itu kita harus paham mengenai macam-macam norma.

Faktor penghambat disintegrasi bangsa

Selain mengetahui apa saja faktor pendorongnya kali ini kita harus mengetahui apa saja faktor penghambat disintegrasi bangsa sehingga kita bisa mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa faktor penghambat disintegrasi bangsa yang wajib kita ketahui :

  1. Toleransi yang tinggi

Disintegrasi bangsa bisa dicegah, disintegrasi bangsa ini bisa dicegah dan dihambat oleh toleransi yang tinggi pada masyarakatnya. Jika masyarakat memiliki sikap toleransi dalam mengatasi segala perbedaan dan pendapat yang ada maka tidak akan yang terjadi namanya disintegrasi bangsa. Sikap toleransi itu harus dimiliki oleh semua masyarakat, bisa diwujudkan melalui contoh sikap toleransi antar umat beragama sehingga tidak sampai terjadi perpecahan.

  1. Hidup rukun

Faktor penghambat dari disintegrasi adalah hidup rukun antar sesama masyarakat. Kehidupan yang rukun merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya perpecahan. Oleh karena itu sebisa mungkin kita sebagai masyarakat Indonesia untuk mencegah terjadinya disintegrasi harus bisa hidup rukun sesama warga, saling membantu, gotong royong, dan meningkatkan sikap toleransi tinggi seperti yang kita bahas di atas tadi. Dengan begitu tidak ada lagi disintegrasi di Indonesia.

Itu dia beberapa infromasi dari kami mengenai faktor pendorong disintegrasi bangsa dan juga faktor penghambatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, kita juga harus menerapkannya supaya tidak terjadi disintegrasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 01st, December 2017 / 00:51 Oleh :
Kategori : Negara