3 Contoh Negara Sistem Pemerintaha Plutokrasi

Plutokrasi bisa disebut sebagai salah satu bentuk pemerintahan paling tua yang ada di bumi. Ciri-ciri plutokrasi hampir serupa dengan ciri-ciri oligarki. Sistem ini menempatkan orang-orang kaya pada posisi penting di pemerintahan. Contoh negara plutokrasi yang ada pada zaman dahulu dan sekarang adalah:

  • Amerika Serikat

Banyak orang percaya bahwa Amerika Serikat modern atau saat ini merupakan contoh negara plutokrasi. Meskipun belum terlalu tampak, namun Amerika Serikat sedang dalam proses menuju menjadi negara plutokrasi. Hal ini pernah disampaikan oleh Jimmy Carter yang merupakan mantan presiden Amerika Serikat tahun 1977-1981.

Amerika Serikat merupakan negara yang menganut ideologi kapitalisme dan liberalisme. Ciri-ciri ideologi liberalisme dan kapitalisme yang ada di Amerika Serikat adalah kebebasan hak milik pribadi. Hal ini membuat banyak pengusaha kaya di Amerika Serikat.

Kekayaan yang mereka miliki sedikit banyak bisa mempengaruhi politik yang ada di negeri Paman Sam tersebut. Amerika Serikat merupakan contoh era baru kapitalisme yang membentuk negara plutokrasi dan  demokrasi.

  • Inggris

Meskipun tidak secara keseluruhan, Inggris juga bisa masuk menjadi salah satu contoh negara plutokrasi. Di negara Inggris  terdapat kota yang disebut City of London. Kota ini berada tidak jauh dari ibukota Inggris, yaitu London. Banyak peneliti yang menyebut bahwa sistem pemerintahan di City of London merupakan contoh plutokrasi.

City of London memiliki sistem pemilihan dan politik yang berbeda dengan negara Inggris dan kota-kota lainnya di Inggris. Di kota City of London pemilih yang memilih pejabat pemerintahan sebagian besar bukan penduduk. Dua per tiga pemilih yang ada di City of London merupakan perwakilan bisnis dan badan lainnya yang ada di The City. Hasil suara pemilihan akan didistribusikan menurut jumlah karyawan yang dimiliki oleh pebisnis tersebut.

Sistem pemerintahan seperti ini diberlakukan karena City of London memang dihuni oleh banyak pebisnis yang menggerakkan kota ini dengan ideologi kapitalisme. Ciri-ciri kapitalisme di kota ini terlihat dengan komposisi penduduknya, Sekitar 450.000 orang yang ada di City of London merupakan pekerja non-penduduk. Sedangkan penduduk aslinya hanya 7000 orang yang jumlahnya tentu lebih sedikit daripada orang-orang non penduduk.

  • Italia pada Abad ke 15 dan 16

Italia juga menjadi contoh negara plutokrasi pada abad ke 15 dan 16. Sistem ini memang tidak diterapkan oleh negara Italia, namun beberapa kota di Italia seperti Florence dan Genoa pernah menerapkan sistem pemerintahan plutokrasi. Kota Florence pada abad ke 15 dan 16 dipimpin oleh keluarga Medici yang kaya raya. Mereka dapat mempengaruhi struktur lembaga negara, pemerintahan dan politik dengan kekayaan yang mereka miliki.

Selain beberapa negara tersebut, contoh negara plutokrasi yang pernah ada adalah Kekaisaran Jepang pra-perang dunia II (Zaibatsu). Negara Yunani kuno, peradaban Carthage, dan kekaisaran Romawi.  Di era modern dan globalisasi saat ini, tidak ada negara yang secara tegas menyatakan diri sebagai negara Plutokrasi.

Akan tetapi, jika kamu mau mengamati bagaimana kekayaan mempengaruhi politik dan pemerintahan maka ada banyak contoh negara plutokrasi atau negara semi plutokrasi di dunia. Bahkan Indonesia sendiri sudah mulai mengarah kepada plutokrasi.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pemerintahan