15 Perbedaan Negara Federal dan Negara Kesatuan Dalam Kekuasaannya

Sistem pemerintahan suatu negara dapat dikelompokkan menjadi dua jenis pemerintahan. Entah itu bisa menjadi pemerintah federal atau bisa menjadi pemerintahan kesatuan. Penting untuk memahami perbedaan antara kedua jenis pemerintahan ini karena berbagai bentuk hubungan yang ada antara pusat dan unit atau negara bagian.

Pemerintah federal adalah jenis pemerintahan nasional di mana pemerintah memiliki wewenang untuk mendelegasikan wewenang kepada anggota negara terpilih lainnya sementara pemerintah kesatuan adalah semacam sistem pemerintahan di mana satu kekuatan tunggal, yang dikenal sebagai pemerintah pusat, mengendalikan keseluruhan pemerintah yang nantinya akan memberikan perbedaan negara federal dan negara kesatuan tersebut dan ciri-ciri ideologi marxisme.

Apa itu Negara Federal?

Negara ini memiliki sistem pemerintahan yang jenis pemerintahan nasional di mana pemerintah memiliki wewenang untuk mendelegasikan wewenang kepada anggota negara terpilih lainnya. Ada dua tingkat pemerintahan federal di suatu negara baik yang dilakukan melalui institusi umum atau melalui kekuasaan sebagaimana ditentukan oleh sebuah konstitusi negara.

Apa itu Negara Kesatuan?

Adalah negara yang memiliki sistem pemerintahan semacam sistem pemerintahan di mana satu kekuatan tunggal, yang dikenal sebagai pemerintah pusat, mengendalikan keseluruhan pemerintahan. Sebenarnya, semua penguasa kekuasaan dan administratif berada di tempat utama. Saat ini sebagian besar sistem pemerintahan di dunia didasarkan pada sistem pemerintahan yang kesatuan. Ini sedikit berbeda dari negara bagian federal dan negara bagian federal. Dalam pemerintahan kesatuan, pemerintah pusat memiliki kekuatan untuk memperluas atau mempersempit kekuatan unit sub-nasional. Hal itu bisa menciptakan dan menghapuskan hal yang sama sampai kehendaknya. Ini bisa dalam bentuk republik kesatuan atau monarki kesatuan.

Perbedaan Negara Federal dan Negara Kesatuan

  1. Dalam kekuatan sistem pemerintahan negara kesatuan tetap berada di tempat sentral dan pemerintah pusat memiliki wewenang untuk membuat semua keputusan sementara di pemerintahan negara federal sebagian besar kekuasaan kecuali kekuasaan yang terkait dengan urusan internasional didelegasikan kepada pemerintah daerah atau provinsi.
  2. Pemerintah negara tidak memiliki bentuk pemerintahan yang demokratis karena kekuatan pengambilan keputusan di tempat sentral sementara pemerintah negara federal adalah pemerintah demokratis murni dimana pemerintah daerah, wilayah, konstituen negara bagian atau provinsi dapat menikmati beberapa kekuasaan mengenai pengaturan dan pengambilan keputusan di wilayah masing-masing.
  3. Pemerintah yang negara kesatuan hanya memiliki satu pemerintahan karena itu juga dikenal dengan nama pemerintah pusat sementara di pemerintahan federal ada dua pemerintah, satu di posisi sentral dan lainnya di tingkat negara bagian atau provinsi dan contoh organisasi pemerintahan.
  4. Pemerintah negara kesatuan mungkin atau mungkin tidak memiliki konstitusi. Seperti beberapa negara yang tidak memiliki konstitusi sementara sebagian negara memiliki konstitusi dan keduanya adalah pemerintah kesatuan. Sementara pemerintah negara federal harus memiliki sebuah konstitusi.
  5. Jika terjadi perselisihan antar institusi di pemerintahan negara federal atau undang-undang yang disahkan oleh parlemen, pengadilan akan ikut campur dalam masalah tersebut. Sedangkan dalam kasus pemerintah negara kesatuan, bahkan pengadilan tertinggi pun tidak dapat memberikan penghakiman atau ucapan pada undang-undang atau undang-undang yang disahkan oleh parlemen.

  6. Di pemerintahan negara federal, ada hirarki kekuasaan dari tingkat federal sampai tingkat negara bagian dan lokal. Dalam pemerintahan negara kesatuan, kekuasaan dan otoritas dibagi dengan pemerintah tingkat bawah bila diperlukan.
  7. Ada seperangkat peraturan dan peraturan yang sama di seluruh negeri di bawah sistem pemerintahan yang dianut negara kesatuan. Dalam sistem pemerintahan negara federal ada variasi peraturan dan peraturan di tingkat pusat dan negara bagian.
  8. Jadi, pemerintah negara kesatuan adalah sistem pemerintahan dimana hanya ada satu ban nasional pemerintah. Mungkin ada wilayah yang lebih mengatur sendiri, tapi dalam sebagian besar kasus, sebagian besar tetap terpusat.
  9. Di pemerintah negara federal, pemerintah pusat dan pemerintah dan negara merdeka dapat membentuk sebuah kesepakatan atau kesepakatan untuk beroperasi bersama-sama. Meskipun bukan praktik umum dalam sistem pemerintahan negara kesatuan dimana daerah atau negara independen ada atas izin pemerintah pusat. Izin ini bisa dicabut kapan saja oleh pemerintah kesatuan.

  10. Dalam pemerintahan negara federal dan negara kesatuan, kekuatan devolusi berada pada pemerintah pusat, namun proses pembentukan federasi dimulai dari tingkat di bawah, sementara di pemerintahan kesatuan dibentuk oleh daerah pemerintahan sendiri yang merupakan salah satu contoh demokrasi konstitusional.
  11. Di pemerintahan negara kesatuan, terlepas dari kenyataan berapa banyak negara bagian yang terhubung dalam sebuah pemerintahan pusat, rakyat tetap menjadi warga pemerintah pusat dan wilayah juga dianggap sebagai wilayah pemerintahan nasional tunggal. Sistem pemerintahan negara federal dalam hal ini sepenuhnya berlawanan dimana kebangsaan seseorang bergantung pada komponen negara dari tempat seseorang berada.
  12. Pemerintah negarafederal adalah nama demokrasi, keragaman, kebebasan memilih dan berekspresi dan merupakan sikap positif terhadap konstitusi negara. Pemerintahan negara kesatuan adalah nama kesatuan, identitas dan konsistensi.
  13. Sampai batas tertentu, pemerintah  negara federal adalah bentuk pemerintahan demokratis yang percaya pada desentralisasi kekuasaan dan otoritas dan memberikan lebih banyak kebebasan kepada rakyat. Sistem pemerintahan negara kesatuan sangat mirip dengan pemerintahan diktator dimana ada konsep sentralisasi kekuasaan dan wewenang dan tidak ada pilihan dan kebebasan berekspresi untuk rakyat.
  14. Dalam kasus darurat di mana keputusan yang tepat waktu diperlukan, pemerintah negara kesatuan lebih responsif dibandingkan dengan pemerintah negara federal yang lebih percaya pada formalitas dan aspek hukumnya.
  15. Sistem pemerintah negara federal membutuhkan lebih banyak anggaran untuk dijaga dengan benar karena jumlah orang akan diminta memilih jabatan publik. Seperti dalam pemerintahan negara kesatuan, ada rantai komando yang sangat sempit, sehingga biaya anggaran untuk mengelola kantor publik tetap rendah secara signifikan ciri-ciri negara monarki dan republik.

Demikianlah perbedaan negara federal dan negara kesatuan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Wednesday 28th, February 2018 / 05:16 Oleh :
Kategori : Negara