6 Tujuan dan Fungsi dari Negara Netral Dalam Gerakannya

Setiap orang di dunia ini tentu mendambakan kehidupan yang tenang dan tenteram tanpa adanya ancaman yang mengganggu hidupnya. Sama halnya dengan negara. negara juga akan berusaha keras untuk menjadikan negaranya damai bagi setiap diri rakyat. sejarah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 mengajarkan pada kita bahwa kemerdekaan dari ancaman perang dan penjajahan itu merupakan suatu hal yang sulit dan membutuhkan banyak pengorbanan jiwa dan raga.

Bicara mengenai perang, tentu yang paling terkenang ialah perang dunia. Perang dunia ini terjadi karena perseteruan beberapa negara yang kemudian membentuk aliansi sehingga negara-negara di dunia terbagi menjadi beberapa blok. Blok yang paling menonjol dalam perang dunia yaitu blok barat dan blok timur. Oleh karena itu, ada negara yang tidak memihak dan memilih menjadi negara netral.

Namun, konsep negara netral ini berbeda dengan konsep negara non blok. Seperti yang kita tahu, peran Indonesia dalam gerakan non blok cukup menonjol untuk senantiasa menjaga perdamaian dunia. Lantas, apa tujuan dan fungsi dari negara netral? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Tujuan Adanya Negara Netral

Segala keputusan negara pasti memiliki tujuan tertentu yang membuatnya tetap diberlakukan. Sama halnya dengan negara netral, ada beberapa tujuan yang dimiliki olehnya. Berikut ini tujuan dari adanya negara netral:

  • Mencegah terlibatnya negara dalam perang dunia. Adanya perang dunia telah terbukti merugikan siapa pun di dunia ini. Membuat banyak jiwa manusia terkorbankan. Maka dari itu, ini adalah tujuan utama dari adanya negara netral
  • Meminimalkan dampak dari perselisihan antar negara di dunia. Semakin banyak negara yang bergabung dalam perang tentu akan menimbulkan dampak yang makin besar. Dengan menjadi negara netral, dampak tersebut dapat diminimalkan.
  • Menjaga kehidupan yang damai dan tenteram. Dengan menjadi negara netral, diharapkan kehidupan yang damai dan tenteram bagi seluruh rakyat negara tersebut dapat senantiasa terjaga sehingga penyebab konflik sosial seperti apa pun tidak berpengaruh pada negara

2. Fungsi Negara Netral

Keberadaan negara netral tidak akan terlepas dari fungsi-fungsi yang menyertainya. Seperti apa fungsi negara netral itu? Berikut ini beberapa contohnya:

  • Penjaga keamanan dan ketertiban dunia. Tentu dengan menjadi negara netral, akan menjadi tidak mungkin bagi negara netral untuk mengadakan perang atau menjadi bagian dari perang. Maka dari itu, inilah fungsi utama dari negara netral.
  • Pihak ketiga dalam perseteruan antar negara. adanya negara netral tidak akan terlepas dari fungsi sebagai pihak ketiga bagi perseteruan antar negara. yang dimaksud dengan pihak ketiga ialah negara netral dapat menjadi pendamai dalam perseteruan antar negara
  • Penasehat bagi konflik dunia. Karena bersifat netral, maka negara netral dapat memberikan pertimbangan yang adil dalam konflik dunia. Inilah fungsi terakhir negara netral yang dapat penulis sampaikan dalam kesempatan ini.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai Tujuan dan Fungsi dari Negara Netral   yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu negara netral beserta tujuan dan fungsi dari negara netral dalam kehidupan bernegaranya. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya negara netral di dunia juga ikut mewarnai usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, , , ,




Post Date: Wednesday 22nd, August 2018 / 04:26 Oleh :
Kategori : Negara