5 Contoh Negara Netral Dalam Mendeklarasikan Negaranya di Dunia

Perang dunia merupakan mimpi buruk bagi siapa pun di dunia ini. Maka dari itu, perang dunia menjadi sangat dihindari oleh negara mana pun. Akibat perang dunia, banyak harta dan jiwa yang dikorbankan. Selain itu, ada makna kemerdekaan negara yang terenggut karena adanya perang dunia ini. Maka dari itu, ada negara-negara tertentu yang memilih untuk menjadi negara netral agar tidak terkena imbas dari adanya perang dunia.

Negara netral ialah negara yang tidak memihak blok atau pihak mana pun di dalam peperangan. Negara netral juga berusaha menghindar agar tidak diserang oleh pihak-pihak yang berperang. Dengan memproklamirkan diri sebagai negara netral, maka ia akan selalu netral dalam konflik bersenjata. Konsep negara netral ini berbeda dengan konsep gerakan non blok (negara yang tidak memihak blok barat dan blok timur dalam perang dingin). Nah, berikut ini penulis sampaikan beberapa contoh negara netral di dunia:

1. Austria

Negara yang berada di Eropa Tengah ini berbatasan dengan Jerman, Italia dan beberapa negara lainnya. Ia menggunakan sistem demokrasi representatif parlementer. Austria menjadi salah satu dari dua negara Eropa yang mendeklarasikan negaranya sebagai negara netral. Dengan kenetralannya ini, Austria dilindungi oleh hukum perang internasional.

2. Costa Rica

Negara terkecil kedua di benua Amerika Tengah ini merupakan salah satu contoh negara netral di dunia. Negara ini merdeka secara penuh pada tahun 1850. Sekalipun tergolong sebagai negara kecil, Costa Rica mampu mempertahankan prinsipnya untuk menjadi negara netral agar terhindar dari perang yang dapat mengancam keberadaannya.

3. Finlandia

Negara Finlandia merupakan negara yang memiliki ciri-ciri negara republik. Negara ini berada di Eropa Utara dan berbatasan dengan negara Rusia di bagian timurnya. Finlandia bergabung dengan PBB pada tahun 1955 dan menyatakan dirinya sebagai negara netral. Dalam beberapa survey, negara ini terpilih sebagai salah satu negara teraman di dunia.

4. Irlandia

Negara yang berbatasan dengan kerajaan Inggris ini termasuk ke dalam contoh negara netral di dunia. Sama dengan negara Inggris, Irlandia menggunakan sistem parlementer sebagai sistem pemerintahannya. Negara ini menyatakan dirinya merdeka pada tahun 1949. Bersamaan dengan bergabungnya Irlandia dengan PBB pada tahun 1950-an, negara ini menyatakan kenetralannya dalam konflik bersenjata.

5. Swedia

Contoh negara netral yang terakhir dibahas dalam kesempatan ini yaitu Swedia. Negara yang berada di benua Eropa bagian utara ini menyatakan kenetralannya pada tahun 1905. dengan menyatakan kenetralannya ini, Swedia tidak lagi diperbolehkan untuk memihak negara mana pun di dalam peperangan yang terjadi. Namun hal ini sejatinya malah menambah nilai keamanan dan kedamaian dari negara tersebut. sekalipun tergolong ke dalam negara netral, Swedia ikut serta dalam usaha kemanusiaan seperti menerima para pengungsi perang dunia baik yang berasal dari jerman maupun polandia di negaranya.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai Contoh Negara Netral di Dunia  yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu negara netral beserta negara mana saja yang menjadi negara netral dalam kehidupan bernegaranya. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya negara netral di dunia juga ikut mewarnai usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, ,




Post Date: Wednesday 22nd, August 2018 / 09:26 Oleh :
Kategori : Negara