10 Fungsi Lembaga Politik di Indonesia

Lembaga merupakan seperangkat aturan, norma dan perilaku yang telah disepakati bersama pada komunitas tersebut. Sedangkan politik merupakan sebuah sarana mencapai tujuan dalam kehidupan bernegara terutama yang berkaitan dengan sistem yang digunakan oleh negara tersebut. Lembaga politik adalah sebuah seperangkat aturan dalam sebuah komunitas yang mengkhususkan dirinya pada pelayanan kekuasaaan dan wewenang bagi wilayah tersebut. Lembaga politik terbagi menjadi 3 bagian yaitu yudikatif, legislative, dan eksekutif.

Karakteristik lembaga politik

  • Terdapat beberapa orang yang membentuk sebuah komunitas dimana di dalamnya juga dirumuskan peraturan dan adanya kesamaan tujuan yang telah disepakati secara bersama.
  • Terdapat pemerintahan di dalam komunitas tersebut atau asosiasi yang terus berperan aktif.
  • Komunitas di dalam lembaga politik tersebut melaksanakan fungs-fungsinya dengan baik di masyarakat umum, karena akan memberikan bahaya akibat jika tidak ada keadilan dalam masyarakat.

Ciri-ciri lembaga politik

  • ada suatu lembaga atau komunitas yang ada di dalam suatu wilayah tertentu dan telah menempati wilayah tersebut dalam waktu yang lama.
  • Terdapat suatu komunitas politik tertentu yang sudah mendapatkan pengaturan sistem terpadu.
  • terdapat anggota masyarakat yang melaksanakan fungsinya pada sistem pemerintahan baik yang telah disarankan atau yang dibuat sendiri.
  • Komunitas ini hanya bisa melakukan segala kekuasaan dan wewenangnya pada bagian wilayah tersebut saja tidak bisa keluar dari wilayah tersebut.

Fungsi sebuah lembaga yang ada di dalam masyarakat seringkali tidaklah optimal termasuk lembaga politik. Lembaga politik biasanya digunakan sebagai sarana oleh beberapa orang untuk mengamankan kepentingannya masing-masing.

Secara umum, pebentukan lembaga politik memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan norma-norma kenegaragaan yang berupa undang-undang yang disahkan oleh pemerintah dn di susun oleh lembaga legislatif di pemerintahan.
  2. Selain merumuskan undang-undang, lembaga politik juga harus menaati peraturan yang telah disepakati bersama.
  3. Lembaga politik harus memberikan pelayanan pada khalayak masyarakat umum seperti dalam bidang kesehatan, pendidikan, keamanan dan kesejahteraan dll.
  4. Membantu dalam mempertahankan kedaulatan negara dari serangan negara lain baik serangan fisik maupun ideology.
  5. Lembaga politik juga harus memiliki kesiapan jika sewaktu-waktu terjadi gejolak di dalam negara yang berasal dari serangan luar.
  6. Melakukan jalan diplomasi dengan negara lain untuk mempererat hubungan luar negeri sehingga tercipta harmonisasi yang kuat dalam hubungan internasional.
  7. Lembaga politik juga bisa digunakan sebagai jalan untuk berpindah stratifikasi politik
  8. Lembaga politik dapat menentukan tingkat kekuasaan seseorang tergantung pada tingkatan dimana dirinya berada
  9. Lembaga politik harus menjaga dan membuat rasa keamanan di dalam masyarakat agar terhindar dari penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan.
  10. Memelihara kehidupan politik supaya dapat menjadi lebih sejahtera di dalam masyarakat.

Selain fungsi di atas, lembaga politik juga memiliki fungsi manifest dan fungsi laten. Selengkapnya dapat disimak sebagai berikut:

a. Fungsi manifest

 Fungsi manifest sama dengan fungsi yang dapat dilihat secara nyata, fungsi manifest lembaga politik adalah sebagai pemeliharaan kesejahteraan umum, menjaga ketertiban wilayah, dan menjaga keamanan serta menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam organisasinya maupun di wilayah kekuasaannya. Fungsi manifest lembaga politik saat ini kerap diabaikan terutama oleh pelakunya sendiri karena adanya pendidikan politik yang rendah.


b. Fungsi laten

Fungsi laten sama dengan fungsi yang timbul secara tidak sadar atas adanya lembaga politik itu sendiri. Lembaga politik memiliki fungsi laten diantaranya sebagai berikut:

  • Menciptakan stratifikasi politik di dalam masyarakat, mungkin saat ini dapat dlihat di di masyarakat jika ada orang yang memiliki kekuasaan tinggi di suatu daerah dan bisa melakukan berbagai hal. Inilah yang disebut dengan stratifikasi politik. Stratifikasi politik biasanya dapat dilihat dengan mudah pada sistem pemerintahan baik daerah atau pemerintah pusat.
  • Sebagai saluran mobilitas, salah satu fungsi laten dari lembaga politik adalah sebagai saluran mobiitas bagi seseorang untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi terutama dalam tingkatan pemerintahan dan politik. Dengan masuk ke dalam lebaga politik, seseorang yang ingin masuk ke ranah politik akan lebih mudah bergerak dibandingkan dengan orang yang tidak masuk dalam lembaga politik.
  • Partai politik juga kerap kali menjadi biang dari adanya kesenjangan sosial karena adanya perebuatan kekuasaan dan biasanya yang sudah berkuasa akan tetap mempertahankan kekuasaanya sehingga mereka ini selalu dia atas sedangkan yang tidak berkuasa juga akan tetap tidak berkuasa.
  • Lembaga politik juga sangat rawan pada penyalahgunaan wewenang dan kekuasann yang dimilikinya. oleh karena itu tidak heran jika dalam pemerintahan tersebut ada sebuah lembaga politik maka bisa dipastikan lembaga politik tersebutlah yang akan mendapatkan beberapa masalah seperti korupsi dan segala jenis penyalahgunaan wewenang lainnya.
  • Adanya lembaga politik juga rawan menjadikan perebutan kekuasaan di dalam wilayah tersebut karena setiap lembaga politk ingin mendapatkan kekuasaan tertinggi di suatu sistem pemerintahan.

Alat perlengkapan lembaga politik

Padahal banyak orang yang sudah lama menjadi anggota lembaga politik tidak mendapatkan kenaikan pangkat dan sebagainya. Hal inilah yang kerap kali menjadi sorotan dan membuat ketidakpercayaan pada lembaga politik oleh msayarakat umum.

Sehingga lembaga politik memiliki alat perlengkapan lembaga politi seperti :

1. Partai politik

Mungkin jika mendengar partai politik tidak akan asing lagi sebagian besar telinga masyarakat pada umumnya. Partai politk merupakan sebuah perkumpulan atau organisasi politik yang didasarkan pada ideology tertentu dan memiliki tujuan yang jelas dan khusus. Pengertian partai politik lainnya adalah sebuah kelompok dimana anggotanya memiliki orientasi, cita-cita dan nilai yang sama dan tujuan yang sama pula.


Tujuan utama dari partai politik adalah untuk merebut tampu kekuasaan pemerintahan yang menajabat dengan cara-cara yang telah diperbolehkan dan disetujui oleh undang-undang untuk melaksanakan tujuan mereka atau menerapkan aturan dalam pemerintahan tersebut sesuai dengan kebijakan yang mereka buat. Kebijakan ini biasanya didasarkan pada ideology partai politik yang berkuasa. (baca : fungsi partai politik)

2. Organisasi politik 

Organisasi politik merupakan komunitas yang memiliki kepentingan dan terlibat pada sistem politik itu sendiri. Organisasi yang termasuk dalam organisasi politik diantaranya adalah mereka yang memiliki tujuan advokasi yang sering melakukan diplomasi atau lobi pada politisi yang berkuasa, sebuah lembaga yang bertujuan memberikan kebijakan-kebijakan baru pada pemerintah, serta organisasi lainnya yang memiliki kesempatan untuk berperan dalam sistem politik seperti politik luar negeri Indonesia. Sebenarnya organisasi politik ini bahkan bisa menjad suatu sistem politik jika memiliki sususan tujuan dan aturan yang tepat dan alatnya juga lengkap. Organisasi politik dapat dikatakan baik atau tidak tergantung pada anggota dan ideology yang digunakannya. Jika, organisasi politik ini adalah organisasi teroris yang ingin merebut kekuasaan pemerintah maka akan sangat berbahaya sekali.

lembaga politik juga kerap kali dijadikan batu loncatan bagi orang yang ingin mendapatkan kekuasaan secara instan dan cepat. Bahkan lembaga politik juga kerap kali dijadikan sebagai sarana pelampiasan bagi beberapa orang yang memiliki banyak uang atau mapan secara ekonomi dan ingin masuk dalam dunia politik. Biasanya orang tersebut akan membuat sebuah kesepakatan tertentu dengan lembaga politik tersebut dan membuat dirinya mendapatkan peran dan posisi signifikan di dalam lembaga politk tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, November 2015 / 03:04 Oleh :
Kategori : Politik