13 Contoh Ancaman Terhadap NKRI dari Dalam dan Luar Negeri

Sebagai warga negara yang baik kita tentu saja harus melindungi NKRI, untuk melindungi negara Indonesia yang tercinta ini maka banyak sekali cara yang bisa kita lakukan. Sebagai warga Indonesia kita bisa melakukan berbagai cara untuk melindungi Indonesia, namun sebelum kita ingin melindungi Indonesia maka terlebih dahulu harus mengetahui apa saja jenis ancaman di NKRI. Nah mungkin selama ini kita hanya berpikir jika gangguan atau ancaman dari NKRI hanya berasal dari luar negeri dan mungkin hanya mengira jika perang atau hal semacamnya lah yang hanya menjadi gangguan. Namun perlu kita ketahui banyak sekali ancaman yang datang ke Indonesia dan ternyata juga berasal dari Indonesia sendiri. Oleh karena itu berikut adalah contoh ancaman terhadap NKRI. Ini dia info lenkapnya :

Ancaman dari dalam negeri

Yang pertama kita akan membahas ancaman yang ada dari dalam negeri, ancaman terhadap NKRI tidak hanya berasal dari luar negeri saja namun juga bisa berasal dari dalam negeri. Supaya lebih memahami maka kita harus mengetahui ancaman dari dalam negeri yang bisa membahayakan NKRI. Berikut ini adalah contohnya untuk Anda :

  1. Masalah KKN

Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak bisa bersih dari kolusi, korupsi, dan nepotisme begitu saja. Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali pejabat negara yang menyalahgunakan kekuasaan mereka dan menggunakan jabatan mereka untuk mendapatkan uang negara untuk kepentingan mereka sendiri, padahal sudah jelas jika uang itu adalah miliki Warga Negara Indonesia yang harusnya digunakan untuk kepentingan bersama negara Indonesia. Masalah KKN yang merajalela di berbagai daerah ini menjadi salah satu masalah ancamana dari dalam negeri, KKN ini sangatlah merugikan negara dan bangsa karena korupsi dan lain-lainnya itu bisa mengancam pembangunan negara. Penyebab Korupsi dan Cara Mengatasinya harus kita ketahui juga.

  1. Kesenjangan ekonomi masyarakat

Tidak hanya KKN saja, ancaman terhadap NKRI bisa terjadi juga akibat adanya ketidaksejahteraan di dalam masyarakatnya. Salah satu ancaman yang mungkin bisa membuat Negara Indonesia terancam adalah kesenjangan ekonomi masayarakat Indonesia. Hal ini biasanya bisa terjadi karena adanya pemerataan pendapatan yang tidak adil antar kelompok maupun daerah.

  1. Kasus narkoba

Yang menjadi genting pada saat ini adalah kasus narkoba yang merajalela dan sangat sulit untuk diberantas. Kasus narkoba di Indonesia sendiri sudah sangat merajalela dan mengenai berbagai macam usia dan kalangan, mulai dari anak remaja hingga orang tua. Mulai dari pelajar hingga orang terkemuka bahkan ada aparat yang kedapatan menggunakan narkoba. Narkoba sendiri bisa menjadi ancaman untuk NKRI, karena adanya narkoba ini bisa mengahmbat perkembangan generasi penerus bangsa. Padahal narkoba itu memiliki Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda.

  1. Upaya penggantian ideologi Pancasila

Seperti yang sudah kita semua ketahui, Pancasila merupakan ideologi Bangsa Indonesia. Pancasila sejak lama dijadikan sebagai ideologi negara NKRI karena di dalam kelima sila itu, mengandung semua cita-cita Bangsa Indonesia dan juga sudah cocok dengan karakter kepribadian bangsa kita. Salah satu yang menjadi ancaman dari dalam negeri adalah adanya upaya penggantian ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya yang mungkin sangat ekstrim dan tidak cocok dengan kepribadian Indonesia. Upaya penggantian ideologi Pancasila yang ingin dilakukan oleh beberapa pihak ini bisa saja memecah belah bangsa dan menimbulkan berbagai macam kontroversi. Untuk lebih mengerti lagi mengenai Pancasila maka kita harus tahu tentang Pancasila Sebagai Ideologi Nasional.


  1. Makar atau penggulingan pemerintah

Ancaman untuk NKRI yang kelima adalah percobaan penggulingan pemerintah dan juga makar. Percobaan penggulingan pemerintah di Indonesia bisa menjadi salah satu ancaman yang berasal dari dalam negeri karena bisa menimbulkan kerusuhan dan ancaman lainnya. Selain itu segala perbuatan makar yang dilakukan di dalam dunia politik dan juga lainnya juga bisa mempengaruhi kestablian Indonesia.

  1. Isu SARA

Masalah lainnya yang bisa membuat ancaman dari dalam negeri adalah adanya Isu SARA. Di Indonesia sendiri agama yang ada bermacam-macam dan tidak hanya satu saja, berbagai suku budaya juga ada di Indonesia. Namun yang sangat disayangkan adalah ada beberapa kelompok masyarakat tertentu yang mempermasalahkan adanya keanekaragaman di Indonesia dan kurang ada rasa toleransi dari mereka sehingga terkadang beberapa ras dan juga agama yang menjadi minoritas pun dikucilkan. Isu SARA ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena walaupun sekecil apapun tindakannya bisa memecah keanekaragaman bangsa Indonesia dan juga bisa membuat kondisi Negara Indonesia menjadi tidak kondusif. Isu SARA yang ada di tengah masyarakat sampai sekarang ini bisa menjadi salah satu ancaman NKRI yang membahayakan bagi warga Indonesia.

  1. Pemberontakan

Yang ketujuh yang bisa menjadi ancaman dari dalam negeri adalah pemberontakan. Pemberontakan ini bisa terjadi di berbagai daerah yang ada di dalam Indonesia yang bisa menuntut beberapa hal yang mereka inginkan. Jika tidak segera diatasi degan baik, pemberontakan ini bisa mengancam Indonesia. Pemberontakan yang terjadi karena berbagai macam sebab ini bisa menyebabkan negara Indonesia jadi terpecah belah. Oleh karena itu sebagai warga Indonesia sebaiknya jangan sampai ikut serta dalam pemberontakan.

  1. Persoalan daerah

Persoalan kedelapan yang bisa memecah belah bangsa Indonesia adalah persoalan daerah. Persoalan ini bisa saja muncul dari pemikiran untuk memperluas daerah otonomi khusus dengan alasan yang khusus juga. Selain itu juga bisa akibat persoalan karena ingin melepaskan diri dari Indonesia dan ingin merdeka sendiri. Persoalan semacam itu bisa membuat ancaman bagi pemerintah dan Indonesia. Tidak hanya itu, persoalan akibat perbatasan juga bisa menjadi ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Ancaman bidang politik

Bidang politik di Indonesia yang dilakukan secara demokratis dengan harapan cita-cita bangsa Indonesia bisa tercapai dan setiap individunya mencapai kesejahteraan. Ancaman dari bidang politik ini tidak hanya datang dari luar, bahkan juga bisa datang dari dalam negeri sendiri. Salah satu contoh dari ancaman bidang politik yang ada di dalam negeri ini adalah misalnya bentrok atau demo besar-besaran yang tidak menerima kemenangan suatu partai atau pejabat terpilih dalam pemilihan. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu ancaman pada bidang politik karena secara langsung dan tidak langsung bisa mempengaruhi kondisi bangsa Indonesia seperti misalnya ekonomi dan kesejahteraan.

Ancaman dari luar negeri

Tidak hanya ancaman dari dalam negeri saja ya. Perlu kita semua ketahui jika ancaman-ancaman bagi NKRI itu bisa saja berasal dari luar negeri atau negara lainnya. Problema atau ancaman itu biasanya bersakala besar dan menyangkut dua negara. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa ancaman dari luar negeri :

  1. Ancaman sosial budaya

Contoh ancaman terhadap NKRI yang berasal dari luar negeri yang pertama adalah ancaman sosial budaya. Ancaman sosial budaya yang datang dari luar negeri adalah misalnya saja ancaman dari propaganda, peredaran narkoba, film prno, disinformasi yang bisa mengancurkan moral dan bangsa Indonesia. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa mengancam para generasi muda Indonesia dan menghambat perkembangan bangsa Indonesia.

  1. Ancaman pertahanan

Ancaman kedua yang bisa membahayakan NKRI adalah ancaman dari luar negeri yaitu ancaman dari bidang pertahanan dan juga keamanan. Ancaman itu antara lain pelanggaran wilayah misalnya dari kapal, selain itu juga bisa pelanggaran wilayah pesawat militer dari negara lain, kejahatan internasional, dan juga masalah terorisme yang mengkhawatirkan NKRI. Permasalahan seperti ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa mempengaruhi keamanan NKRI. Ancaman pertahanan seperti itu harus diatasi dengan meningkatkan pertahanan militer Indonesia dan tentunya juga peran serta masyarakat Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI. Dasar Hukum Bela Negara harus kita pahami sehingga kita bisa membela Indonesia ditengah ancaman.


  1. Perebutan kebudayaan Indonesia

Seperti yang semua kita ketahui jika Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang membuat Indonesia menjadi kaya akan budaya. Karena budaya yang unik dan mungkin tidak bisa ditemukan di bagian negara lainnya. Karena unik dan khas, tak jarang ada negara lain yang mengakui kebudayaan Indonesia sebagai kebudayaannya. Seperti yang sudah kita ketahui jika beberapa kebudayaan seperti batik, reog ponorogo, dan lainnya itu pernah diklaim sebagai miliki negara tetangga. Oleh karena itu sebagai Warga Negara Indonesia yang baik maka kita harus menjaga kebudayaan Indonesia dan juga melestarikannya sehingga tidak ada negara lain yang merebut budaya asli Indonesia. Budaya luar memang boleh kita pelajari, namun kita tetap tidak boleh melupakan kebudayaan negara kita.

  1. Ancaman pada bidang politik

Ancaman yang keempat adalah bidang politik, ancaman dari luar negeri juga bisa datang dari bidang politik ya. Biasanya negara lain akan ikut campur dalam urusan dalam negeri Bangsa Indonesia seperti misalnya urusan hak asasi manusia, pemilihan umum, dan juga hukum. Sistem politik yang ada di Indonesia ini akan mengutamakan kepentiangan setiap individu dan berjalan sesuai dengan pancasila yang ada. Bidang politik dilakukan secara demokrasi dan ancaman pada bidang politik dari negara lain ini bisa saja memecah belah Indonesia.

Itu dia beberapa contoh ancaman terhadap NKRI baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ancaman bisa datang dari dalam negeri dan juga luar negeri, ancaman juga bisa datang dari berbagai aspek kehidupan dan bisa membahayakan bangsa Indonesia. Oleh karena itu sebagai WNI yang baik maka kita juga harus memperhatikan hal-hal yang kiranya bisa mengancam keamanan NKRI. Sudah selayaknya sebagai WNI kita memperhatikan hal-hal semacam itu dan supaya tidak menjadi profokator penyulut masyarakat lainnya yang bisa menjadi penyebab dari kekacauan yang menyebabkan perpecahan bangsa Indonesia. Baca juga mengenai Landasan Hukum Demokrasi Pancasila. Jika merasa artikel ini bermanfaat maka share ke sesama, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

, , ,
Post Date: Friday 29th, December 2017 / 17:21 Oleh :
Kategori : Negara