3 Contoh Kedaulatan Negara Indonesia dan Maknanya Bagi Negara

Suatu negara dapat dikatakan menjadi negara yang sejati ketika ia memiliki berdiri tegak apabila ia memiliki beberapa unsur seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain. apabila salah satu dari unsur ini tidak dapat ditemukan di dalam suatu negara, maka negara tersebut tidak dapat kita sebut sebagai negara. di dalam kesempatan yang indah ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai salah satu unsur pembentuk negara.

Unsur pembentuk negara yang dimaksud ialah pemerintah yang berdaulat. Secara lebih khusus, kita membahas kedaulatan negara. seperti apa makna kedaulatan negara bagi bangsa Indonesia dan seperti apa contoh dari kedaulatan negara Indonesia. penting bagi kita untuk memahami kedua hal tersebut agar kita juga ikut serta di dalam penegakan kedaulatan negara.

Makna Kedaulatan Negara bagi Indonesia

Kedaulatan ialah suatu hak yang khusus dimiliki untuk menguasai suatu wilayah, dan masyarakat. Apabila kita meninjau dari sudut pandang Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka arti kedaulatan yaitu kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan lain sebagainya. Kedaulatan merupakan salah satu syarat berdirinya suatu negara atau secara lengkapnya yaitu negara arus memiliki pemerintah yang berdaulat. Dengan kata lain, pemerintah dari suatu negara diwajibkan untuk memiliki kekuasaan (Authority) yang sifatnya tertinggi di negara tersebut (Supremes) dan tidak terbatas. Kedaulatan negara memiliki beberapa sifat seperti uraian singkat di bawah ini:

  • Asli : lahir dengan perjuangan bangsa, bukan berasal dari kekuasaan yang lainnya
  • Tertinggi : tidak terdapat kekuasaan lain di dalam negara tersebut yang lebih tinggi dibandingkan kedaulatan negara
  • Bulat : tidak dapat dibagi-bagi dengan siapapun. Artinya, baik ke dalam maupun ke luar, kedaulatan negara tetaplah satu

Di dalam pergaulan internasional, kita mengenal dua jenis kedaulatan, yaitu kedaulatan raja dan kedaulatan rakyat. Kedaulatan raja ialah di dalam suatu negara, raja merupakan pemegang kekuasaan tertinggi, contohnya yaitu Inggris. Di sisi lain, kedaulatan rakyat ialah kekuasaan tertinggi negara ada di tangan rakyat. Contoh negara yang menggunakan kedaulatan rakyat yaitu Indonesia. kedaulatan negara merupakan salah satu syarat tujuan pembangunan nasional dapat tercapai.

Contoh dari Kedaulatan Negara Indonesia

Kedaulatan di Indonesia merupakan kedaulatan negara yang menitikberatkan kedaulatan di atas tangan rakyat. Hal ini mempertegas fakta bahwa yang memiliki kekuasaan tertinggi di Indonesia adalah rakyat. Banyak hukum atau peraturan perundang-undangan yang mempertegas hal ini. Salah satunya yaitu pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi bahwa ‘kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang’. Nah, untuk mempelajari seperti apa sejatinya kedaulatan negara Indonesia itu, di bawah ini penulis sampaikan beberapa contoh kedaulatan negara Indonesia:

1. Berdirinya Majelis Permusyawaratan Rakyat

Berdasarkan pasal 1 ayat (2) UUD 1945 seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat mengetahui bahwa yang dapat membentuk konstitusi tertinggi atau sumber hukum tertinggi di Indonesia adalah rakyat. Perwujudan dari hal ini yaitu adanya Majelis Permusyawaratan Rakyat yang merupakan lembaga tinggi negara yang terdiri dari dua lembaga perwakilan rakyat, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). MPR memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan terhadap UUD 1945. Selain itu, MPR, DPR, dan DPD memiliki kekuasaan legislatif sesuai dengan bidangnya demi sebesar-besar kepentingan rakyat.

Di sisi lain, tugas dan wewenang DPR adalah mengawasi jalannya kebijakan publik yang diambil oleh pemerintah dan mengatur penganggaran biaya dalam melaksanakan kebijakan publik tersebut. Ini merupakan salah satu bentuk pelaksanan kedaulatan rakyat.

2. Adanya Perwakilan Rakyat di Tingkat Daerah


Apabila MPR, DPR, dan DPD memiliki lingkup kekuasaan di tingkat negara, maka Indonesia juga memiliki lembaga perwakilan rakyat pula di setiap daerah. Lembaga perwakilan tersebut adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang terdapat di setiap provinsi dan kabupaten di Indonesia. tugas dan fungsi DPRD di Indonesia lebih kepada controlling (pengawasan), budgetting (penganggaran), dan legislative (legislatif).

3. Penggunaan Demokrasi Pancasila Sebagai Bentuk Pemerintahan

Dalam perjalanan mengisi kemerdekaan di Indonesia semenjak 17 Agustus 1945, Indonesia terus mengubah bentuk pemerintahannya dalam rangka memperoleh bentuk pemerintahan yang paling sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia. demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin pernah dicoba di Indonesia dan ternyata tidak cocok sehingga dipilihlah demokrasi Pancasila sebagai bentuk pemerintahan Indonesia terhitung semenjak tahun 1957. Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila diterapkan di dalam setiap sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah satu ciri-ciri demokrasi Pancasila adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat diharuskan sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila. Demokrasi Pancasila merupakan salah satu contoh kedaulatan negara Indonesia karena di dalam demokrasi, rakyat merupakan pengambil keputusan di dalam setiap hal yang bersangkutan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penjelasan di atas merupakan artikel mengenai contoh kedaulatan negara Indonesia yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Dari pembahasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kedaulatan negara Indonesia merupakan suatu hal yang harus senantiasa kita jaga dan kita tegakkan agar tidak tergerus oleh ancaman, baik yang berupa ancaman luar negeri maupun ancaman dalam negeri. Kita harus selalu melakukan yang terbaik bagi tegaknya kedaulatan negara Indonesia dengan berjuang sebaik mungkin demi negara ini. Demikian, sampai jumpa pada kesempatan yang lainnya dan tak lupa, semoga kebahagiaan selalu mengiringi langkah para pembaca!

, ,
Post Date: Monday 11th, December 2017 / 08:11 Oleh :
Kategori : Negara