5 Contoh Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional di Era Global

Berkembangnya era globalisasi di dunia tentunya menimbulkan dampak tersendiri bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di suatu wilayah. Era globalisasi yang berkembang di berbagai negara telah menyentuh berbagai aspek dan bidang terutama dalam aspek atau bidang yang berkaitan langsung dengan kelangsungan hidup suatu bangsa. Demikian juga di Indonesia. Perkembangan era globalisasi di Indonesia sendiri perlu diapresiasi secara maksimal agar dampak yang ditimbulkan dari adanya globalisasi ini tidak menyasar pada munculnya ketidak mampuan negara dalam mengatasi dampak globalisasi.

Contoh peran Indonesia dalam hubungan Internasional sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi dampak yang mungkin muncul dalam era globalisasi bagi Indonesia sendiri. Era globalisasi tidak hanya menyinggung negara Indonesia saja tetapi juga menyinggung hubungan internasional dan organisasi internasional Indonesia dengan negara lain. Oleh karena itu, Indonesia perlu ikut andil dan berperan serta dalam hubungan internasional khususnya pada era globalisasi yang sedang berlangsung sekarang ini. Adapun peran Indonesia dalam hubungan internasional di era globalisasi diantaranya:

1. Peran Serta Dalam Organisasi Internasional

Semenjak masa sejarah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia telah turut aktif bergabung di dalam organisasi-organisasi tingkat dunia dimana organisasi tersebut mempunyai hubungan timbal balik terhadap negara kita Indonesia. Beberapa kali Indonesia terlibat di dalam organisasi nasional guna memenuhi salah satu tujuan negara Indonesia sendiri yaitu membangun hubungan bertaraf internasional dengan negara atau bangsa lain guna meningkatkan kerjasama di berbagai sektor, sebagai berikut tujuannya:

  • Contoh peran Indonesia dalam Hubungan Internasional yang terjalin diantara negara Indonesia dengan negara lain ditujukan semata-mata demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di berbagai aspek dan bidang, terutama pada bidang ekonomi yang memang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri.
  • Melalui makna kemerdekaan Indonesia di dunia internasional, Indonesia menjadi semakin percaya diri dalam membentuk hubungan dengan negara lain dalam organisasi-organisasi internasional yang ada.
  • Dengan adanya peran serta Indonesia di dalam organisasi internasional, pemenuhan kebutuhan negara Indonesia di berbagai aspek dan bidang dapat terbantu dan setidaknya dapat membantu mengurangi beban negara Indonesia sendiri dalam melakukan pemenuhan kebutuhan untuk masyarakatnya.

Peran serta Indonesia di dalam organisasi juga dilakukan oleh Indonesia sebagai bentuk partisipasi aktif dan antisipasi terhadap bahaya globalisasi dan modernisasi yang terjadi di dunia internasional yang dapat memberikan dampak tertentu bagi negara Indonesia. Selama perjalanan hidup bangsa Indonesia, Indonesia sendiri telah bergabung di dalam organisasi internasional dunia yang jumlahnya kurang lebih mencapai 170 organisasi dunia. Organisasi internasional yang melibatkan keikut sertaan negara Indonesia memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda khususnya bagi negara Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu, sampai sekang Indonesia masih turut serta dalam organisasi dunia guna memenuhi kebutuhan Indonesia khususnya bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek. Adapun beberapa organisasi yang diikuti oleh Indonesia antara lain:

  • ASEAN (Association of South East Asian Nation)
  • GNB (Gerakan Non Blok)
  • PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa)
  • APEC (Asia Pacific Economic Cooperation)
  • UNESCO (United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization)

2. Peran Serta Dalam MEA

Tahun 2015 adalah awal tahun dimana MEA diberlakukan. MEA sendiri merupakan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Bebas Asia Tenggara. Era MEA merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh negara-negara di Asia Tenggara dalam menghadapi era globaliasi. Indonesia sendiri ikut andil dalam pelaksanaan MEA itu sendiri. Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN dikhusukan pada timbulnya dampak globalisasi pada sektor ekonomi yang dapat membuat keadaan ekonomi di negara-negara ASEAN menjadi tidak stabil dan kurang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya, sebagai berikut dampak timbulnya:


  • Indonesia merupakan negara yang dirasa memiliki posisi paling strategis dalam berlakunya MEA ini. Peran serta Indonesia dalam menghadapi MEA khususnya bagi kelangsungan kehidupan secara ekonomi bagi masyarakat mulai ditekankan pada sektor industri rumahan.
  • Industri rumahan yang ditekankan oleh pemerintah Indonesia berpusat ada UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dilakukan oleh masyarakat daerah.
  • Berlakunya otonomi daerah di setiap wilayah di Indonesia dirasa sudah tepat karena pemerintah daerah dapat memaksimalkan potensi daerahnya untuk mengembangkan industri UMKM sebagai bentuk langkah yang tepat dalam menyikapi MEA. (baca juga: Dampak Globalisasi)

Melalui tujuan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia, diharapkan daerah-daerah di Indonesia dapat menghasilkan sesuatu yang merupakan kekhasan daerahnya guna meningkatkan daya saing masyarakat dalam era MEA khususnya dalam bidang ekonomi melalui sektor industri rumahan maupun pariwisata. Harapannya, dengan meningkatkan daya saing masyarakat terhadap produk-produk luar negeri yang masuk ke Indonesia dalam era MEA, produk-produk dalam negeri dapat bersaing secara sehat dengan produk-produk asing yang beredar di dalam masyarakat.

3. Ikut Serta Dalam Pemeliharan Perdamaian Dunia

Era globalisasi yang berkembang di seluruh negara-negara di dunia tidak berati secara terus-menerus memberikan dampak yang positif terhadap keberlangsungan perdamaian dunia. Melalui ciri-ciri globalisasi di dunia berserta pengaruhnya terhadap perdamaian dunia, Indonesia ikut andil dalam memelihara perdamaian dunia. Peran serta negara Indonesia dalam memelihara perdamaian dunia merupakan salah satu penerapan peran Indonesia di dunia internasional. Peran serta Indonesia dalam menjaga dan memelihara perdamaian di tingkat dunia merupakan salah satu tujuan Indonesia yang tercantum pada pembukaan UUD 1945. Bentuk peran serta Indonesia dalam memelihara perdamaian dunia di era globalisasi yang telah dilakukan antara lain:

  • Keikutsertaan dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjaga perdamaian dunia.
  • Memprakarsai berdirinya Gerakan Non Blok dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi dalam taraf Internasional.
  • Contoh peran Indonesia dalam hubungan Internasional dalam Pengutusan pasukan kontingen Garuda sebagai pasukan perdamaian ke dalam negara-negara yang sedang terlibat konflik. (baca juga: Penyebab Sengketa Internasional)

4. Ikut Serta Dalam Kegiatan-Kegiatan Bertaraf Internasional


Dalam perkembangan globalisasi di seluruh dunia yang mencakup di berbagai bidang, Indonesia ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang bertaraf internasional seperti dalam forum internasional maupun kompetisi di tingkat internasional. Beberapa kali Indonesia telah mengirimkan putra dan putri terbaiknya di kancah internasional di berbagai kegiatan Internasional.

Pengiriman delegasi Indonesia di kancah kegiatan internasional dilandaskan pada arti penting dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia agar setiap delegasi yang dikirimkan oleh Indonesia tidak melupakan nilai-nilai Pancasila sekalipun delegasi tersebut bersaing secara global. Keiikut sertaan Indonesia dalam kegiatan-kegiatan bertaraf Internasional telah beberapa kali mengharumkan nama bangsa Indonesia. Beberapa kegiatan-kegiatan bertaraf internasional yang diikuti oleh negara Indonesia sebagai bentuk peran serta dalam hubungan internasional di era global diantaranya:

  • Pengiriman delegasi Indonesia dalam kompetisi olahraga internasional
  • Pengiriman delegasi Indonesia dalam forum internasional
  • Pengiriman delegasi Indonesia dalam olimpiade mata pelajaran tingkat internasional

5. Melakukan Kerjasama Dengan Negara Lain

Kerjasama yang dilakukan Indonesia guna menjalankan perannya dalam hubungan internasional di era global adalah melalui kerjasama dengan negara lain di luar organisasi internasional. Beberapa kali Indonesia telah sukses menjalin kerjasama dengan negara lain terutama dengan negara tetangga guna mengantisipasi dampak globalisasi yang dapat muncul di berbagai aspek dan bidang.

Manfaat yang terjalin dalam negara bila melakukan suatu hubungan kerja sama yang baik sebagai berikut:

  • Melalui kerjasama yang terjalin di antara negara Indonesia dengan negara lain di luar organisasi internasional dapat menigkatkan peran globalisasi di Indonesia dalam berbagai bidang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
  • Selain itu, kerjasama yang terjalin dengan negara lain merupakan bentuk kepedulian negara Indonesia untuk membentuk hubungan yang saling menguntungkan diantara negara yang menjalin kerjasama dengan negara Indonesia.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai peran Indonesia dalam hubungan internasional pada era globalisasi yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Peranan yang dilakukan oleh Indonesia sendiri merupakan bentuk kepedulian Indonesia terhadap keberlangsungan negara-negara lain. Selain itu, peran Indonesia dalam hubungan internasional di era globaliasi diperlukan oleh negara Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 03rd, July 2017 / 07:37 Oleh :