34 Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik dan Pendidikan

Dampak globalisasi pernah mendengar mengenai “Globalisasi”? Jika ditelusuri lebih jauh berdasarkan bahasa, kata “globalisasi” berasal dari bahasa inggris “globalization” yang diambil dari kata “global”  yang mempunyai arti keseluruhan atau universial. Sedangkan prinsip-prinsip demokrasi pancasila dalam penambahan kata lization mempunyai makna proses.

Menurut Thomas Larsson seorang jurnalis Swedia dalam bukunya yang berjudul The Race to the Top: The Real Story of Globalization, berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan segala hal terasa semakin dekat. Globalisasi mengacu pada semakin mudahnya interaksi antara seseorang di satu tempat dengan orang lain di belahan dunia yang lain. Selain itu, Achmad Suparman berpendapat bahwa Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

Macam-macam pengertian Globalisasi dari ahli internasional
Dampak globalisasi sangatlah penting untuk kemajuan sebuah bidang terutama di bidang pendidikan, jika keadaan tidak baik pada fungsi sosialisasi politik memungkinkan untuk mengubah semua bentuk-bentuk negara dan sistem mengikuti globalisasi, kita bisa memulainya dari memperbaiki fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan (sekolah atau universitas) di seluruh Indonesia lalu pelan-pelan bisa menyiapkan tenaga pendidik yang bersertifikat. Sehingga jika hal tersebut dilakukan tahap demi tahap maka bisa dipastikan seluruh masyarakat Indonesia mampu menerima perubahan tersebut.
  • Edison A. Jamli dkk

Sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

  • Emanuel Ritcher

Suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dimana mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling memiliki ketergantungan dan mampu mewujudkan persatuan dunia.

  • John Huckle

Suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.

  • Laurence E. Rothenberg

Percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Tidak memungkiri bahwa dengan adanya Globalisasi, pengetahuan dan informasi bisa di dapatkan dengan sangat baik pada peranan lembaga peradilan. Bahkan sejak adanya Globalisasi jarak antar negara dan benua pun menjadi sangat dekat. Bisa dibilang berkat adanya Globalisasi, sekat-sekat geografis sudah tidak ada. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk masyarakat di seluruh dunia di berbagai bidang. Langsung saja kita bahas apa saja sih dampak-dampak positif maupun negatif atas Globalisasi di aspek ekonomi, aspek pendidikan dan aspek politik.
Globalisasi dalam aspek ekonomi
Dampak globalisasi dalam makna kemerdekaan Indonesia dan peran aspek ekonomi yang sangat kontras adalah semakin bebasnya pasar internasional. Bebasnya pasar internasional ini membuat kesempatan kerja semakin terbuka lebar dan sumber pendapatan negara pun meningkat. Secara tidak langsung pun perekonomian suatu negara bisa meningkat.
Dampak Positif Globalisasi dalam bidang ekonomi
  1. Kemudahan akses untuk mendapatkan barang-barang atau produk impor yang dijual di negara lain. Hal ini memudahkan masyarakat Indonesia untuk mencari barang ekspor
  2. Bidang kepariwisataan suatu negara semakin terlihat di mata negara lainnya, sehingga globalisasi bisa menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata suatu negara.
  3. Memudahkan pengusaha untuk mengekspor barang-barang atau produk buatannya ke pasar internasional
  4. Mudahnya mendapatkan akses untuk investasi dari para investor luar negeri
  5. Menjadi salah satu ajang untuk mencari informasi produk apa yang dibutuhkan oleh pasar internasional

Dampak Negatif globalisasi dalam bidang ekonomi

  1. Terkikisnya rasa cinta terhadap produk negara sendiri, karena dengan adanya globalisasi memungkinkan produk atau brand dari negara lain lebih terkenal di negara sendiri
  2. Gaya berbelanja dan gaya hidup yang cenderung seperti orang barat, seperti berbelanja sesuai keinginan bukan kebutuhan
  3. Adanya kesenjangan sosial yang mempermasalahkan harta seperti kaya dan miskin. Kesenjangan ini terjadi karena dalam globalisasi persaingan bebas diperbolehkan
  4. Pengusaha lokal yang tidak mampu mengekspor barangnya karena keterbatasan dana atau hal lainnya akan mati
  5. Banyaknya tenaga kerja asing yang bisa mempersempit kesempatan kerja untuk masyarakat lokal yang membutuhkan pekerjaan

Solusi untuk menghadapi globalisasi di bidang ekonomi

Namun, tidak perlu khawatir akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh globalisasi di bidang ekonomi. Seperti tujuan pelaksanaan otonomi daerah pepatah yang mengatakan “banyak jalan menuju roma” hal ini sama seperti penanggulannya dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi, ribuan cara bisa digunakan untuk mencegah dan mengantisipasi dampak negatif tersebut. Apa saja sih cara-cara tersebut? Simak penjelasan berikut :

  • Mengedukasi masyarakat bahwa mencintai produk sendiri itu sangatlah penting agar pengusaha lokal tidak mati dan tidak lupa juga mengedukasi masyarakat bahwa kualitas produk dari pengusaha lokal tidak kalah dibandingkan produk import
  • Mempelajari dan merenungi nilai-nilai pancasila
  • Tidak mudah terpengaruh oleh pihak-pihak asing serta harus meningkatkan rasa nasionalisme diseluruh lapisan masyrakat
  • Pintar-pintar dalam mefilter pengaruh globalisasi di berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara

Globalisasi dalam bidang pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat bepengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. Sistem dan kurikulum pendidikan sendiri lambat laun juga mengikuti trend yang ada, secara tidak globalisasi memiliki penyimpangan terhadap konstitusi pengaruh yang cukup besar bagi perubahan pendidikan di suatu negara khususnya di Indonesia. Menurut Edison A. Jamli tahun 2005, “Globalisasi ditandai dengan ambivalensi yaitu tampak sebagai berkah di satu sisi tetapi sekaligus menjadi kutukan di sisi lain”. Pernyataan tersebut mengatakan bahwa globalisasi bisa membawa kebahagiaan sekaligus membaha kesedihan di lain pihak. Di Indonesia, perubahan pendidikan hasil dari pengaruh globalisasi turut kita rasakan.

  • Seperti contoh berbagai sekolah atau universitas yang berambisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sistem pengajarannya menjadi taraf internasional namun jika ditelusuri lebih lanjut, untuk sebagian daerah sistem taraf internasional belum mereka kantongi sepenuhnya, padahal jika diteliti ketika sebuah sekolah atau universitas mengklain dirinya sebagai sekolah atau universitas bertaraf internasional, terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan seperti fasilitas sekolah tersebut harus lengkap (LCD, LAB, ruang kelas, infrastruktur, kemudahan mengakses internet, media belajar yang interaktif dan edukatif), kurikulum pendidikan yang harus minimal menggunakan dua bahasa (bahasa inggris dan bahasa indonesia),tenaga pengajar yang profesional dan bersertifikat.
  • Syarat-syarat dan ketentuan tersebut juga tidak mudah disetujui oleh semua pihak, misalkan sebuah sekolah atau universitas menyanggupi memenuhi persyaratan tersebut namun apakah dari pihak mahasiswa atau siswa menyanggupi persyaratan tersebut? bisa dibilang mahasiswa atau siswa harus merogoh kocek yang lebih dalam.
  • Tentunya mendapat banyak uang bukan hal mudah, sedangkan Indoonesia memiliki berbagai macam kondisi perekonomian setiap daerah.
  • Jika semua sekolah dipukul rata mengikuti trend globalisasi yang mengharuskan taraf internasional, lalu bagaimana mereka yang hidup di wilayah pra-sejahtera dan berekonomi menengah ke bawah? Lantas bagaimana Indonesia terutama pemerintah dalam menyikapi hal tersebut?

Dampak Positif globalisasi dalam bidang pendidikan

  1. Mudahnya mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia. Hanya dengan satu kali klik kita bisa mendapatkan berita atau update terbaru dari seluruh dunia, selain itu kita juga bisa menyelenggarakan pendidikan meskipun terbentang jarak yang cukup jauh.
  2. Dalam dunia pendidikan, globalisasi menutut individu menjadi sosok yang berkualitas dan memenuhi standart internasional. Hal ini bertujuan agar setiap individu bisa bersaing di dunai internasional
  3. Terlahirnya generasi-generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di dunia kerja
  4. Globalisasi membuat mutu pendidikan suatu negara semakin luas dan semakin maju, sehingga hal ini baik untuk tumbuh kembang generasi penerus bangsa
  5. Mudahnya akses dalam berbagai pengetahun di seluruh dunia (misalkan banyak beasiswa yang menawarkan untuk pertukaran pelajar di luar negeri, hal ini merupakan salah satu dampak positif globalisasi demi kemajuan sebuah pendidikan di suatu negara)

Dampak Negatif Globalisasi dalam bidang pendidikan

  1. Munculnya kebiasaan yang selalu meremehkan. Seperti jika ada tugas, seorang murid tidak mau membaca buku, ia lebih memilih berselancar di internet yang bisa menemukan jawaban tanpa perlu untuk membaca buku pelajaran
  2. Hilangnya kebudayaan lokal di dunia pendidikan seperti belajar bersama, karena dengan adanya teknologi mereka menjadi individualis. Sedangkan jika diamati secara seksama belajar bersama mempunyai beberapa keuntungan seperti meningkatkan rasa kekeluargaan, meningkatkan kekompakan dan sebagai ajang bertukar informasi. Namun sejak adanya globalisasi mereka lebih memilih belajar melalui grup sosial media yang berujung mendiskusikan sesuatu hal tidak penting
  3. Kewalahan masyarakat dalam menghadapi perubahan di dunia pendidikan seperti biaya makin mahal dan lain sebagainya
  4. Adanya kesenjangan sosial antara anak yang kurang mampu dalam akademis dan anak yang mampu dalam akademis. Hal ini disebabkan oleh dalam globalisasi kita dituntut untuk bersaing secara bebas dan ketat
  5. Timbul banyaknya sekat sosial dalam antar siswa atau mahasiswa dalam lingkungan pendidikan

Cara menanggulani dampak negatif globalisasi di bidang pendidikan


Apapun bentuknya dampak negatif selalu memiliki pengaruh yang buruh terhadap kehidupan masyarakat atau diri sendiri. Seperti pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati” sama halnya dengan dampak negatif, dampak negatif jauh lebih baik jika mencegahnya karena ketika seseorang secara tidak sadar terpengaruh oleh dampak negatif dari sebuah hal sistem pemerintahan presidensial maka untuk melepaskan orang tersebut dari dampak negaif akan sangat sulit, karena dampak negatif tersebut sudah melekat di darah daging orang tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dampak-dampak negatif dalam bidang pendidikan.

  • Memberikan edukasi mengenai bahaya dari dampak negatif globalisasi, edukasi ini bisa melewati penyuluhan atau tetap mengikuti perkembangan globalisasi namun masih kokoh mempertahankan unsur-unsur budaya lokal
  • Tidak membiasakan anak untuk tergantung pada kecanggihan teknologi
  • Menciptakan kegiatan yang bersifat gotong-royong, kerjasama, bermusyawarah
  • Mengamalkan setiap butir-butir pancasila
  • Selalu memeperingatkan siswa-mahasiswa bahwa sikap dan ciri khas Indonesia merupakan harga mati yang tidak bisa diganti dengan apapun

Globalisasi dalam bidang politik 

Tahukah kamu bahwa pengaruh globalisasi tidak hanya dibidang pendidikan, ekonomi, budaya-sosial. Bidang politik juga merasakan betapa besarnya pengaruh sistem peradilan di Indonesia dalam globalisasi di dalam struktur kerja maupun lingkungan politik. Sebut saja “politik global”, politik global merupakan salah satu contoh nyata hasil pengaruh globalisasi. Politik global biasa dikenal dengan permainan catur untuk merebutkan kekuasaan, karena dalam dunia politik kekuasaan merupakan kekuatan terbesar untuk menguasai dunia.

  • Politik global ini juga melibatkan berbagai pihak seperti banyak negara, lembaga internasional dan kelompok politik tertentu.
  • Politik global ini juga tidak segan-segan melakukan pertempuran militer seperti pertempuran-pertempuran di Israel dan Iraq, pertempuran itu semua bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan demi mendapatkan sebuah kekuatan untuk mengusai dunia.
  • Selain itu,  kita bisa belajar dari pemilihan presiden Amerika Serikat. Pelaksanaan presiden Amerika Serikat yang disiarkan di seluruh dunia membuat negara lainnya menilai dan memperhatikan sehingga bisa menciptakan peluang baru yang timbul dari kekurangan proses pemilihan presiden Amerika Serikat.
  • Peluang baru tersebut digunakan untuk pelaksanaan demokrasi politik di negara lain yang lebih baik.

Disamping itu, globalisasi politik ini membuat sistem pemerintahan harus terbuka, karena dengan adanya pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam perkembangan IPTEK, rakyat bisa mengetahui lebih dalam mengenai hak-hak dan kewajibannya. Sehingga peran rakyat kini bukan hanya sekadar rakyat tapi juga berperan sebagai pihak yang menentukan seperti apa pemimpin, seperti apa sistem pemerintahan. Positifnya, keikutsertaan rakyat dalam menentukan pemimpin dan pemerintah bisa menjamin 80% bahwa proses pemerintahan dijalankan secara jujul, bersih, adil dan demokratis.

Dampak Positif Globalisasi dalam bidang politik

  1. Terbentuknya sistem politik negara, seperti contoh yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki politik bebas aktif, bebas mempunyai arti tidak memihak suatu pihak atau blok sedangkan aktif mempunyai arti aktif dalam berbagai kegiatan internasional (menjadi bagian dari PBB dan lain sebagainya)
  2. Semakin kuatnya peraturan perundang-undang yang bermanfaat bagi masyarakat, karena dengan adanya globalisasi semua peraturan ditetapkan secara diskusi
  3. Semua individu bisa menuntut hak-hak dan kewajibannya
  4. Dengan adanya globalisasi, kerjasama antar negara menjadi lebih mudah dan cepat
  5. Globalisasi juga mampu meningkatkan hubungan diplomatik antar negara satu dengan lainnya
  6. Globalisasi menjadi salah satu wadah untuk ikut serta berpartisipasi dalam politik perdamaian dunia

Dampak Negatif Globalisasi dalam bidang politik

Meskipun globalisasi memiliki banyak sekali dampak positif bagi kemajuan politik di Indonesia, ternyata sistem pemerintahan orde lama sangat berpengaruh pada globalisasi juga memiliki pengaruh buruk atau dampak negatif seperti poin poin berikut ini :

  1. Globalisasi membuat ancaman akan hancurnya NKRI, karena budaya asing mulai berdatangan untuk mempengaruhi
  2. Globalisasi menjadi faktor tumbuhnya sikap-sikap ditaktor mayoritas atau minoritas
  3. Masyarakat semakin berani untuk melakukan demo tanpa memikirkan kepentingan umum
  4. Adanya sikap ingin menguasai, sikap ini timbul karena adanya berbagai macam isu politik dunia yang masuk ke Indonesia
  5. Hilangnya nilai-nilai kebudayaan yang ada dalam politik seperti gotong royong, kerjasama dan musyawarah mufakat
  6. Adanya campur tangan dari bangsa lain. Seperti contoh sistem politik yang ada di beberapa negara di Timur Tengah selalu dicampuri oleh negara lain
  7. Globalisasi menjadi salah satu jalan yang empuk dalam proses masuknya ideologi-ideologi asing ke Indonesia. Masuknya ideologi yang tidak sesuai culture bangsa Indonesia bisa menyebabkan kekacauan dan demo besar-besaran
  8. Globalisasi membuat politik uang semakin berkembang ditengah kehidupan masyarakat

Budaya dan pengaruh globalisasi sendiri tidak bisa kita stop dengan mudahnya, karena perkembangan era globalisasi sesuai dengan tren dan kebutuhan masyarakat saat ini. Kebanyakan globalisasi membuat orang semakin malas karena kemudahan dalam melakukan semua hal. Selain itu, orang akan kehilangan tradisi-tradisi baik yang diturunkan oleh nenek moyang kita.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 04:30 Oleh :
Kategori : Pendidikan