Hubungan Negara Dan Agama Menurut Ideologi Pancasila

Ideologi secara definisi sederhana dapat diartikan sebagai ide dan gagasan yang melandasi suatu sikap tertentu. Setiap orang tentu memiliki ideologi yang menjadi dasarnya dalam menjalani kehidupannya sebagai seorang manusia. Selain individu, teori teori ideologi juga dimiliki oleh kelompok kelompok, organisasi, perkumpulan, bahan negara yang menjadikannya sebagai dasar dan arah dari perkumpulan tersebut.

Negara Indonesia merupakan banyak yang menjadikan ideologi pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ideologi pancasila yang lahir sejak pembentukan negara Indonesia dan diterapkan mulai kemerdekaan yang diraih oleh salah satu negara berpenduduk terbesar di Indonesia ini tentu memiliki hubungan dengan banyak hal salah satunya terkait Agama. Berikut penjelasan mengenai hubungan negara dan agalam menurut ideologi pancasila.

  1. Negara berdasarkan ketuhanan yang maha esa

Menurut yang dijelaskan dalam ideologi pancasila, Negara Indonesia menjalankan kehidupan bernegara dan berbangsanya berdasarkan dengan ketuhanan yang maha esa. Hal tersebut menjadikan setiap keputusan yang diambil untuk Negara haruslah di dasarkan atas apa ketuhanan dan tetap memperhatikan setiap norma yang ada pada negara. Pemahaman tersebut dapat diperoleh dari sila pertama yang ada pada pancasila dengan bunya “ketuhanan yang maha esa”. Cara pandang tentang agama merupakan salah satu perbedaan ideologi pancasila dengan ideologi komunis.

  1. Ideologi Pancasila tidak menjadikan Indonesia sebagai negara sekuler

Negara sekuler secara definisi adalah suatu konsep yang menjadikan sebuah negara netral dalam permasalahan agama dan tidak mengkaitakan urusan negara dengan agama secara langsung. Dalam pembukaan UUD 1945 pada pokok pikiran ke Empat menjelaskan bahwa dengan Ideologi Pancasila yang diterapkan oleh Bangsa Indonesia menjadikannya sebagai negara yang tidak akan memisahkan urusan negara dengan agama. Dengan dasar ini menjadikan Ideologi Pancasila tidak memberikan ruang dan tempat bagi paham sekuralisme dan atheisme untuk berkembang karena kodrat manusia adalah makhluk bagi Tuhannya.

  1. Hubungan lainnya antara negara dan agama menurut pancasila

Dalam ulasan yang dijelaskan diatas, ciri ideologi Pancasila adalah untuk selalu mencoba untuk tetap menjaga hubungan yang baik antara agama dan negara serta tidak akan melakukan upaya memisahkan keduanya. Dengan dasar tersebut yang tertuang dalam sila sila pancasila dan penjelasan UUD 1945 ada beberapa bentuk hubungan antara agama dan negara berdasarkan ideologi Pancasila diantaranya seperti :

  • Hubungan negara dan agama menurut fungsi Pancasila sebagai ideologi negara menjadikan setiap warga negara dengan Ideologi Pancasila memiliki hak asasi manusia untuk dapat memeluk agama dan menjalankan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama yang dikehendakinya.
  • Negara harus dapat memberikan toleransi setiap Agama menjalankan ibadahnya tanpa terkecuali sehingga tidak ada tempat untuk berkembanganya pertentangan antara agama, konflik agama, hingga paksaan untuk bertakwa pada agama tertentu karena dalam idelogi pancasila dijelaskan bahwa agama tidak dipeluk atas dasar paksaan.
  • Segala bentuk aspek penyelengaraan negara harus berdasarkan atas nilai nilai dalam ketuhanan yang maha esa. Setiap aturan yang dibuat harus memperhatikan sikap toleransi antara beragama.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hubungan negara dan agama menurut ideologi Pancasila yang diterapkan sebagai dasar dari negara Indonesia. Penjelasan hubungan yang diuraikan tersebut akan memapu memahami lebih jauh mengenai ideologi Pancasila yang berkembang di Indonesia.

, , ,




Oleh :
Kategori : Negara