5 Penyebab Jalanan Aspal Rusak

Saat ini, pembangunan daerah sudah sangat berkembang dengan pesat. Salah satu bukti dari perkembangan yang sangat pesat ini adalah adanya konstruksi-konstruksi dan juga proyek jalanan yang sudah banyak digunakan pada setiap daerah. Penggunaan jalan teresbut kebanyakan menggunakan campuran aspal sebagai penghalus dan finishing dari sebuah jalan.

Pada dasarnya, salah satu penyebab jalanan aspal mengalami kerusakan, baik itu kerusakan parah atau bukan adalah karena kualitas dan juga mutu dari jalanan aspal tersebut yang kurang dan buruk. Ya, tentu saja tidak semua kontraktor dan juga pekerja dapat mengetahui komposisi yang pas dari aspal. Bisa saja karena dana yang kurang dan terbatas, pengerjaan jalan aspal menjadi buruk, dan menyebabkan jalanan aspal menjadi mudah berlubang dan juga rusak.

Selain karena faktor mutu dan juga kualitas pengerjaan jalanan aspal yang rendah, bahkan buruk, masih ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan jalanan aspal menjadi mudah rusak, seperti :

1. Lalu lintas kendaraan yang padat

Lalu lintas kendaraan yang padat tentu saja sangat mempengaruhi tingkat kualitas aspal. Jalan aspal yang sering dilalui oleh kendaraan dengan traffic yang tinggi akan lebih berisiko mengalami kerusakan dengan cepat, dibandingkan dengan jalanan aspal yang sepi lalu lintas.

Hal ini didukung dengan bukti-bukti yang sudah sering terjadi di jalanan. Jalan-jalan perkotaan yang ramai, terutama yang memiliki kualitas aspal yang buuk lebih banyak mengalami kerusakan.

2. Lalu lintas truk, bus dan alat berat yang sering lewat

Bus dan juga truk merupakan penyebab lainnya dari kerusakan aspal jalanan. Dengan beban yang tinggi, maka wajar saja jalanan yang sering dilalui oleh bus dan juga truk serta alat berat menjadi lebih mudah dan juga cepat mengalami kerusakan.

Contoh konkritnya tentu saja lokasi daerah pelabuhan dan juga pertambangan. Meskipun sudah dilapisis dengan aspal pada jalannya, namun tetap saja kita akan menemukan beberapa titik kerusakan dan juga jalanan aspal yang berlubang.

3. Hujan deras selama berhari-hari

Hujan deras yang turun selama berhari-hari juga dapat memicu kemunculan lubang dan juga kerusakan jalanan beraspal. Karena air yang turun dengan deras dapat mengikis lapisan aspal secara perlahan. Hal ini akan memicu aspal menjadi terkikis, menipis, dan akhirnya aspal akan berlubang dan mengalami kerusakan karena air hujan yang turun dalam waktu berhari-hari rutin turun hujan yang deras sehingga sangat memberikan pengaruh buruk pada jalanan aspal.

4. Banjir dan genangan air

Selain hujan, banjir dan juga genangan air juga memicu pengikisan pada aspal. Banjir dan juga genangan air akan membuat aspal menjadi terkikis, sehingga wajar saja apabila berada pada daerah yang sering mengalami banjir, kondisi jalannya bisa mengalami kerusakan dengan mudah dan juga cepat sehingga akan mempersulit ketika ingin bepergian dikarenakan banjir dan genangan air yang terdapat pada jalanan aspal.

5. Kepadatan tanah yang kurang baik

Faktor kepadatan tanah juga mempengaruhi. Perlu diketahui, sebelum menjadi sebuah jalanan beraspal yang mulus, tanah diharuskan mengalami pemadatan terlebih dahulu secara bertahap dan berlapis. Setelah pemadatan tanah dilakukan, proses pengaspalan dimulai. Apabila kepadatan tanah kurang baik, maka tentu saja hal ini akan menyebabkan jalanan aspal menjadi mudah mengalami kerusakan, dan berpotensi mengalami lubang di sepanjang jalan.

Kelebihan Pada Jalanan Aspal

Pada dasarnya, aspal banyak digunakan pada lapisan jalan dikarenakan aspal memiliki banyak kelebihan dan merupakan kebutuhan penting bagi manusia, karena jalanan aspal merupakan jalan yang digunakan manusia untuk mengendarai alat transportasi untuk melakukan bepergian sehingga sangat diperlukan jalanan aspal yang tidak rusak.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan aspal pada konstruksi jalanan :

  • Jalanan menjadi lebih mulus dan juga rata dengan menggunakan aspal
  • Penerangan pada malam hari menjadi lebih optimal ketika menggunakan jalanan beraspal
  • Aspal cukup tahan lama sebagai pelapis dari konstruksi sebuah jalan

Nah, kita sudah mengetahui penyebab kerusakan aspal dan juga kelebihan yang terdapat pada aspal yang dapat menambah wawasan ada dalam ilmu pengetahuan anda . Semoga bermanfaat .

Baca juga artikel ppkn lainnya :

, , ,




Oleh :
Kategori : Lingkungan