11 Tugas dan Fungsi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Arsip Nasional Republik Indonesia atau yan bisa kita kenal dengan sebutan ANRI merupakan salah satu lembaga pemerintahan non kementrian, yang mengurusi mengenai pengarsipan. Arsip nasional Republik Indonesia menyimpan berbagai macam bukti-bukti sejarah, baik tulisan maupun rekaman yang berhubungan dengan kejadian-kejadian yang pernah terjadi di Indonesia. Masuk ke dalam Arsip Nasional akan terasa seperti masuk ke dalam lembaran sejarah, karena di dalam arsip nasional terdapat banyak sekali bukti-bukti literature mengenai sejarah Indonesia secara khusus.

Berikut ini adalah beberapa Tugas dan Fungsi Arsip Nasional Republik Indonesia :

  1. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang kearsipan

Tugas dari ANRI atau arsip nasional republik Indonesia ini adalah untuk melakukan proses pengkajian dan juga penyusunan kebijakan nasional di bidang kearsipan. Perlu diketahui, bahwa bidang kearsipan adalah salah satu bidang yang memiliki suatu protocol dan juga kriteria-kriteria tertentu, terutama dalam melakukan proses pengarsipan. Maka dari itu, dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang mendukung kegiatan perngarsipan secara nasional.

  1. Mengkoordinasikan kegiatan yang berhubungan dengan kearsipan nasional

Sebagai lembaga non kementrian yang mengurusi proses pengarsipan, ANRI memiliki tugas yang sangat penting dalam hal koordinasi. Ya, arsip nasional republik Indonesia memiliki tugas yang penting dalam melakukan proses koordinasi kegiatan yang berhubungan dengan fungsi-fungsi kearsipan nasional. Setiap data yang akan diarsipkan secara nasional akan dikoordinasikan dengan arsip nasional republik Indonesia, sehingga nantinya data-data tersebut akan tersimpan dengan baik di dalam arsip nasional. Selain itu, dengan adanya ANRI, maka kita sebagai masyarakat bisa dapat dengan mudah melihat arsip-arsip yang ada, misalnya saja adalah rekaman saat proklamasi kemerdekaan. Semua ini dapat terjadi bekat koordinasi dari ANRI.

  1. Pembinaan terhadap kegiatan instansi di bidang kearsipan

Tugas dari ANRI berikutnya adalah melakukan proses pembinaan. Ya, ANRI sebagai lembaga arsip nasional tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan pembinaan pada instansi-instansi pemerintahan terkait proses pengarsipan. Dengan adanya pembinaan mengenai proses pengarsipan ini, maka tiap-tiap instansi akan dapat mengaplikasikan metode pengarsipan dengan lebih baik lagi, dan sesuai dengan ketentuan yang sudah disusun oleh badan Arsip Nasional ini.

  1. Penyusunan rencana nasional secara makro di bidang kearsipan

Sebagai satu-satunya lembaga kenegaraan non kementrian yang menangani masalah kearsipan, maka dari itu, sudah pasti bahwa ANRI memiliki tugas yang sangat penting dalam menyusun rencana nasional di bidang kearsipan. Hal ini berkaitan dengan pengembangan dan juga operasionalisasi Arsip Nasional Republik Indonesia secara makro. Hal ini berarti arsip nasional republik Indonesia harus mampu untuk mengatur dan juga merencanakan kegiatan pengarsipan di seluruh Indonesia secara terstruktur.

  1. Penyelenggaraan kearsipan nasional dalam mendukung pembangunan secara makro

Salah satu tujuan utama dibangunnya lembaga-lembaga pemerintahan, instansi dan juga badan-badan adalah untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan keseluruhan instansi dan juga badan-badan tersebut sehingga mampu untuk bersatu dan mendukung proses pembangunan bangsa. Begitu pula denan ANRI. Arsip nasional juga memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menyelenggarakan program kearsipan nasional, yang turut serta dalam mendukung pembangunan Indonesia secara macro dan saling mendukung antar instansi dan juga badan-badan di pemerintahan Indonesia.

  1. Penetepan sistem informasi di bidang kearsipan

Saat ini, sudah merupakan jaman modern, dimana sistem informasi sudah menjadi salah satu hal yang mutlak dan wajib dimilik oleh instansi apapun, baik swasta maupun pemerintahan. Maka dari itu, dalam proses perjalanannya, ANRI sebagai lembaga arsip nasional juga dituntut untuk mampu memasukkandan mengintegrasikan seluruh arsip yang dimiliki ke dalam sebuah sistem informasi tertentu. sudah menjadi tugas dari arsip nasional untuk menentukan sistem informasi yang akan digunakan dalam melakukan akses terhadap arsip-arsip yang ada pada ANRI.


  1. Perumusan pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang kearsipan

ANRI atau arsip nasional republik Indonesia merupakan satu-satunya lembaga d pemerintahan yang mengurusi bidang arsip. Karena itulah, salah satu tugas penting dari ANRI sebagai lembaga tertinggi kearsipan nasional adalah untuk membuat perumusan kebijakan tertentu yang berhubungan dengan bidang kearsipan. Segala bentuk kebijakan, mulai dari metode pengarsipan, hingga pengkategorian dan katalog pengarsipan, semuanya disusun dan juga dirumuskan oleh lembaga arsip ini.

  1. Pelestarian dan penyelamatan terhadap arsip-arsip penting dan arsip nasional tertentu

Apa yang akan kita lakukan ketika kita memilik dokumen-dokumen penting di dalam hidup kita? sudah pasti dokumen tersebut akan kita simpan di suatu tempat, yang tidak mudah hilang, rusak, ataupun mengalami kerusakan tertentu. ANRI pun sama. Arsip Nasional memiliki tugas sebagai penanggung jawab terhadap segala bentuk arsip, baik berupa data fisik maupun data digital yang pernah ada di Indonesia, dan mencegah agar data-data tersebut tidak hilang, rusak, dan dihilangkan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Arsip-arsip tersebut akan di lestarikan dan juga disimpan sehingga nanti, arsip tesebut bisa dilihat kembali apabila dibutuhkan.

  1. Menyimpan rekam jejak proses-proses yang telah terjadi secara nasional

Salah satu fungsi lainnya dari lembaga arsip nasional republik Indonesia adalah melakukan pengarsipan dan juga penyimpanan terhadap rekam jejak yang sudah terjadi di Indonesia. Banyak sekal rekam jejak bangsa Indonesia, bahkan sebelum kemerdekaan dan juga saat penjajahan yang disimpan di dalam lembaga arsip nasional ini. seluruh rekam jejak tersebut merupakan kejadian, isu, serta gejolak-gejolak yang terjadi pada bangsa Indonesia, mulai dari bidang politik, keamanan, pertahanan, ekonomi, dan bidang lainnya.


  1. Menjadi salah satu sumber referensi yang reliabel dari tulisan-tulisan dan juga rekaman mengenai arsip dan sejarah

Ya, arsip nasional republik Indonesia juga dapat menjadi salah satu sumber referensi bagi masyarakat yang ingin mengetahui beberapa kejadian penting di Indonesia, ataupun menjadi bahan referensi penelitian. Namun demikian, tentu saja tidak semua arsip bisa dilihat dan diakses secara bebas. Sudah pasti terdapat beberapa arsip-arsip yang sifatnya rahasia, karena berhubungan dengan hal-hal yang hanya bisa dipahami oleh kalangan tertentu saja.

  1. Menjadi salah satu referensi utama dalam buku sejarah

Kita tentu ingat bahwa ketika bersekolah dulu, ada pelajaran sejarah. Hampir seluruh isi dari pelajaran sejarah yang kita terima pada waktu sekolah dulu memiliki sumber referensi yang berasal dari arsip nasional republik Indonesia, baik foto, kumpulan gambar, berita, dan juga keterangan lainnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Lembaga Negara