10 Tugas dan Fungsi Angkatan Laut

Angkatan Laut di Negara Indonesia ini merupakan bagian dari kesatuan tentara nasional Indonesia atau yang kita kenal dengan nama TNI-AL. merupakan bagian dari kesatuan tentara nasional Indonesia yang dibentuk pada tahun 1945 setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Angkatn laut saat ini tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesi, dengan berbaga kesatuan, dan terrbagi menjadi dua wilayah, yaitu Barat dan juga Timur.

Angkatan laut di Indonesia sendiri memiliki tugas yang sangat special. Hal inidisebabkan karena Indonesia yang merupakan Negara kepulauan yang besar, sehingga memiliki banyak sekali wilayah-wilayah perairan, yang tentu saja harus dijaga. Maka dari itu, disinilah peran angkatn laut sangat penting.

Berikut ini adalah beberapa tugas dan fungsi angkatan laut di wilayah Indonesia :

  1. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional

Tugas pertama dari angkatan laut menurut undang-undang adalah menegakkan hukum dan juga menjaga keamanan dari wilayah laut yurisdiksi nasional. Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu Negara kepulauan terbesar di dunia. Hal ini tentu saja secara geografis menyebabkan Indonesia menjadi Negara yang memiliki banyak sekali wilayah perairan dan juga wilayah kelautan. Maka dari itu, dibutuhkanlah sebuah pasukan yang mampu untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan seluruh wilayah laut tersebut, yaitu TNI angkatan laut, yang merupakan bagian dari tentara nasional Indonesia.

  1. Melaksanakan tugas diplomasi angkatan laut 

Selain membantu menjaga ketahanan dan juga keamanan, serta menegakkan hukum di wilayah laut, angkatan laut sendiri juga memiliki peran dan juga tugas yang juga penting sebagai diplomat, dan pembicara angkatan laut. Hal ini dilaksanakan ketika terdapat beberapa kebijakan baik nasional maupun internasional yang memiliki kaitan dengan diplomasi angkatan laut.

  1. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahan laut

Pemberdayaan wilayah laut juga merupakan salah satu tugas dan juga fungsi penting dari angkatan laut Republik Indonesia. Pemberdayaan wilayah pertahanan laut disini adalah sebuah kondisi dimana setiap titik-titik rawan yang terdapat pada wilayah laut Indonesia tetap dijaga dan juga dipertahankan, agar nantinya tidak muncul konflik yang terjadi akibat wilayah pertahan laut yang baik sengaja ataupun tidak senagat ditembus oleh Negara lain. dengan begitu, hal ini akan tetap menjaga kedaulatan Negara republic Indonesia, terutama dari sis kemaritiman dan juga kelautan.

  1. Menjaga keamanan dan kestabilan wilayah kemaritiman Indonesia

Tugas berikutnya yang dimilki oleh angkatan laut adalah tugas menjaga keamanan dan juga kestabilan dari wilayah kemaritiman Indonesia. Wilayah kemaritiman yang dimaksud pada poin ini adalah wilayah-wilayah laut yang merupakan bagian dari seluruh wilayah Negara kesatuan republic Indonesia. Jadi, dalam hal ini, angakatan laut memiliki tugas yang sangat penting untuk menjaga keamanan dan juga kestabilan pada wilayah tersebut.

  1. Begerak cepat untuk menjaga NKRI dari serangan dari laut

Saat ini, perang bisa berasal dari wilayah mana saja, baik dari darat, udara, dan jugalautan. Maka dari itu, dibutuhkanlah angkatan laut yang selalu sigap dan juga siap untuk bergerak cepat dalam melakukan penjagaan dan juga langsung mempertahankan wilayah NKRI dari serangan musuh yang dimulai dari laut.

Ketika terdapat tanda-tanda mencurigakan yang kemungkinan dapat mengganggu kedaulatan Negara, maka angkatan laut harus dengan sigap dan juga cepat melakukan pengamanan dan menjaga keutuhan, agar tdak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


  1. Membantu pihak-pihak terkait

Sebagai salah satu Negara yang memiliki banyak sekali wilayah perairan dan juga wilayah laut, maka dari itu segala bentuk insiden dan juga kecelakaan yang terjadi di bagian perairan dan laut pun bisa saja sering terjadi. Beberapa contoh yang mungkin pernah terjadi adalah peristiwa terjatuhnya pesawat di perairan, dan juga tenggelamnya kapal. Pada saat-saat seperti ini, angkatan laut pun sudah harus sigap dan juga siap dalam membantu pihak-pihak terkait dalam membantu melakukan proses evakuasi dan penyelamatan. Pihak-pihak tersebut antara lain adalah pihak SAR, dan juga pihak-pihak kepolisian air.

  1. Melakukan penguatan atau reinforcement pada armada laut Indonesia

Tugas penting lainnya dari angkatan laut adalah melakukan penguatan dan juga reinforcement pada armada laut Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan juga melancarkan fungsi dan juga tugas dari angkatan laut sebagai penjaga kemanan di wilayah perairan Indonesia. Berbagai peralatan dan juga perlengkapan yang berhubungan dengan angkatan laut, seperti kapal induk, perahu, speed boat, dan sebagainya harus selalu dirawat dan ditingkatkan kualitas teknologinya oleh angkatan laut. Hal ini nantinya akan mempermudah angkatan laut dalam menjaga kedaulatan wilayah republic Indonesia daai wilayah perairan dan juga laut.

  1. Memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat Indonesia

Hal yang paling penting adalah menjaga keamanan dan juga memberikan rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia. Ya, Angkatan laut tentu saja dituntut untuk selalu sigap dalam menjaga kemanan NKRI, sehingga dengan begitu, setiap warga Negara dan juga masyarakat akan selalu merasa aman dan juga tenang akan pengamanan yang sudah dilakukan oleh para angkatan laut tersebut.

  1. Melakukan patrol dan penangkapan terhadap kegiatan illegal di wilayah perairan


Angkatan laut, bersama dengan polisi air memiliki tugas yang hampir mirp, salah satunya adalah sama-sama melakukan patrol di wilayah perairan Indonesia, dan mencegah terjadinya berbagai macam tindakan dan gerakan illegal yang terjadi di wilayah perairan Indonesia, seperti illegal fishing, pencurian ikan, pencurian sumber daya, penyelundupan barang, dan sebagainya.

  1. Berkoordinasi dengan angkatan lain 

Tugas lainnya dari angkatan laut adalah bersatu dengan dua angkatan lainnya, yatu angkatan udara dan juga angkatan darat. Hal ini dilakukan guna mengkoordinasikan strategi dan juga perencanaan pertahanan wilayah republic Indonesia, sehingga benar-benar aman dari segalam macam ancaman dan juga bahaya yang dapat mengganggu kedaulatan.

Selain itu, sudah menjadi tugas dari angkatan laut dan juga angkatan darat serta udara untuk menyatukan komando, sehingga hal ini akan semakin mempermudah koordinasi dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

, , ,




Oleh :
Kategori : Lembaga Negara