4 Ciri-Ciri Negara Dominion di Dunia yang Mudah Dikenali

Ada berbagai macam bentuk-bentuk negara. Setiap bentuk negara tersebut pastinya menyesuaikan dengan kondisi dari negara yang memiliki keunikannya masing-masing. Negara Indonesia merupakan negara kesatuan. Sejarah kemerdekaan Indonesia mengajarkan pada kita bahwa persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sulit diperoleh. Ia membutuhkan adanya pengorbanan harta, jiwa, dan raga dari bangsa kita.

Bentuk negara tidak akan sembarang dipilih. Ada berbagai alasan mengapa bentuk negara tertentu dipilih. Dalam kesempatan ini, secara khusus penulis akan menyampaikan kepada pembaca mengenai salah satu bentuk negara, yakni negara dominion. Pada dasarnya hanya ada satu negara di dunia ini yang berbentuk negara dominion, yakni negara Inggris dan negara-negara yang menjadi negara persemakmurannya.

Ada pun pengertian dari negara dominion sendiri yaitu negara yang merupakan gabungan dari negara-negara merdeka yang mengikat diri dalam “The British Commonwealth of Nations”. Hal ini memungkinkan terjadi karena adanya penggabungan dari negara bekas jajahan Inggris yang telah merdeka.

Ciri-Ciri Negara Dominion

Namun sejatinya ketika negara bergabung dalam negara dominion artinya dengan tetap tinggal  di dalam lingkungan  Inggris. sekalipun demikian, negara yang tergabung tersebut tetap memiliki kedudukan sebagai negara merdeka yang dapat sesuka hati meninggalkan ikatan negara dominion tersebut. oleh karena itu, bentuk negara dominion ini dapat dikatakan hanya merupakan simbolisme. Sebagai pemersatu, terdapat raja atau ratu yang digunakan sebagai simbol.

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, sedikit banyak kita dapat menyimpulkan seperti apa ciri-ciri negara dominion di dunia. Penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri negara dominion mengingat fakta bahwa ada banyak pengetahuan yang harus kita miliki. Di sisi lain, Ciri-ciri tersebut membedakan negara dominion dengan bentuk negara yang lainnya. Nah, berikut ini penjelasan ciri-ciri negara dominion di dunia:

1. Awalnya Merupakan Negara Jajahan

Setiap negara yang tergabung dalam negara dominion awalnya merupakan negara jajahan dari negara Inggris. mereka bersatu di bawah persatuan negara-negara persemakmuran Inggris. artinya, setiap negara memiliki kerja sama dengan negara Inggris untuk memakmurkan negaranya. Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab negara Inggris yang telah menjajah negara mereka.

Sekalipun demikian, negara yang ada di bawah ikatan negara dominion merupakan negara merdeka yang bebas menentukan ke arah mana negaranya akan menuju. Negara Inggris tidak berhak melakukan intervensi keras ke dalam urusan dalam negeri dari masing-masing komponen negara dominion. Jika negara Inggris melakukan hal tersebut, maka negara Inggris terhitung telah mencederai peraturan yang berlaku di dunia.

2. Setiap Negara Memiliki Kedudukan yang Sama

Ciri-ciri negara uni yang selanjutnya yaitu setiap negara yang ada dalam ikatan negara dominion memiliki kedudukan yang sama. Tidak ada negara yang kedudukannya lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan negara yang lainnya mengingat bahwa hubungan di antara negara-negara tersebut adalah persekutuan yang berdiri sendiri di bawah lingkungan kerajaan Inggris. ini merupakan salah satu dari sifat konstitusi negara Inggris. Selain itu, setiap negara tidak dapat saling mencampuri urusan dalam negeri negara yang lainnya jika negara yang dimaksud tidak memberikan izinnya atas masalah tersebut.


3. Dipersatukan Oleh Satu Mahkota

Ciri selanjutnya dari negara uni yaitu mereka dipersatukan di bawah satu mahkota atau dalam hal ini mahkota kerajaan Inggris. dengan adanya pemersatuan ini, setiap negara dapat saling bekerja sama untuk memajukan negaranya masing-masing. Salah satu contoh kerja sama di antara negara yang tergabung dalam negara dominion ini ialah olimpiade negara-negara persemakmuran Inggris dan beberapa kerja sama lainnya di bidang politik, ekonomi, pertahanan, sosial, budaya, dan berbagai bidang kerja sama yang lainnya.

4. Negara Anggota Dapat Menyimpang dari Peraturan Negara Pusat

Ciri-ciri terakhir dari negara dominion dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang terakhir dibahas di dalam kesempatan ini ialah negara yang bersatu dalam negara dominion dapat undang-undang dan peraturan perundang-undangan lain yang dibuat oleh pemerintah kerajaan Inggris. prinsip mengenai hal ini dapat ditemukan dalam statute of West Minister 1931 (Statuta Menteri Barat 1931) yang merupakan dasar peraturan lebih lanjut dari bentuk negara dominion ini.


Adanya dasar hukum mengenai prinsip berlepas atas aturan negara Inggris juga merupakan salah satu perbedaan konstitusi negara Indonesia dengan negara Inggris yang sangat mencolok. Ketika salah satu atau beberapa negara anggota hendak melakukan sesuatu yang melanggar atau berada di luar peraturan negara Inggris, maka hal tersebut diperbolehkan dan negara tersebut tidak akan mendapat sanksi apa pun atas perbuatan yang dilakukannya.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai Ciri-Ciri Negara Dominion di Dunia  yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu Negara dominion beserta ciri-ciri dari negara tersebut dalam kehidupan bernegara.

Perlu kita pahami bersama bahwa adanya negara dominion juga memiliki hubungan dengan usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, , ,




Post Date: Friday 07th, September 2018 / 02:58 Oleh :
Kategori : Negara