5 Alasan Perlunya Identitas Nasional Di Indonesia Yang Penting Untuk Diperhatikan

Identitas nasional secara definisi adalah kumpulan dari nilai budaya yang berkembang dan tumbuh sebagai bagian dalam aspek kehidupan suatu bangsa serta menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan dengan bangsa lain. Ada 4 Simbol identitas nasional Indonesia yakni lambang negara Garuda Pancasila, Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan, Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, dan Bendera sang saka merah putih. Identitas nasional sebuah bangsa merupakan hal yang dinamis dan sangat dibutuhkan dengan beberapa alasan tertentu. Berikut alasan perlunya identitas nasional di Indonesia diantaranya seperti dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Keberagaman suku bangsa

Alasan terbesar pertama yang menjadikan identitas nasional Indonesia sangat diperlukan adalah karena kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat beragam dengan banyak suku bangsa di dalamnya. Setiap suku bangsa memiliki bahasa, agama, kebudayaan tersendiri dan berbeda satu sama lain. Keberagaman yang sangat tinggi tersebut menjadikannya ada identitas yang dapat berfungsi sebagai pemersatu dari setiap penduduk suku bangsa sebagai warga negara Indonesia. Banyaknya suku bangsa dapat menjadi tantangan dalam menentukan karakteristik identitas nasional.

  1. Menjadikan bangsa Indonesia memiliki jati diri

Jati diri setiap bangsa haruslah dimiliki sebagai pembeda dari bangsa lainnya. Jati dir yang khas dalam identitas nasional tersebut menjadi bagian dari pandangan hidup yang harus diperhatikan dalam tujuannya mencapai cita cita dan tujuan sebuah negara secara bersama sama. Negara yang kuat harus memiliki jati diri yang jelas dan berbeda dengan negara lainnya serta harus dapat ditunjukan kepada dunia Internasional sebagai salah satu tujuan identitas nasional.

  1. Tantangan jaman dan persaingan dunia internasional

Alasan perlunya identitas nasional di Indonesia adalah untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin dinamis dengan persaingan dunia internasional yang sangat ketat. Negara yang tidak mampu mempertahankan identitas nasionalnya akan sangat mudah terombang ambing dan goyah sehingga menjadi kacau, bimbang, serta akan mengalami kesulitan dalam mencapai cita cita bersama bangsa tersebut sebagai salah satu tujuan nasionalisme.

  1. Pentingnya mempertahankan eksistensi bangsa 

Persaingan dunia internasional sekarang ini memang tidak menimbulkan perang dengan mudahnya namun tetap saja menjadi ancaman bagi negara yang lemah untuk dapat takluk dalam pelukan negara kuat dalam hal ekonomi, politik, hingga kebudayaan. Sebagai salah satu peran peran identitas nasional agar negara Indonesia dapat mempertahankan eksistensinya di dunia internasional dan tetap menjaga cita cita mulia bersama maka identitas nasional tersebut sangatlah diperlukan.

  1. Menumbuhkan rasa kebangaan setiap warga negara

Sebagai negara dengan penduduk terbesar salah satunya di dunia, Indonesia membutuhkan sebuah identitas nasional yang jelas agar warganya dapat bangga menjadi bagian dari bangsa besar tersebut. Kebangaan akan sebauh negara akan menjadikan setiap penduduknya memiliki andil yang besar dalam membantu mewujudkan cita cita dari bangsa tersebut serta mendorong untuk tetap dapat menjaga keamanan dari berbagai macam ancaman yang dapat beresiko muncul pada negara dengan jumlah penduduk yang besar seperti Indonesia.

Itulah beberapa alasan perlunya identitas nasional di Indonesia yang seharusnya menjadi bagian dalam setiap aktivitas kehidupan sehari hari warga negaranya. Melalui identitas nasional yang jelas maka negara Indonesia yang sangat besar ini dapat bersatu pada satu sama lain demi terwujudnya cita cita bersama serta menjadi salah satu hal yang dapat membedakan Indonesia dengan negara lain di dunia ini sehingga dengan begitu keunggulan Indonesia di Asean maupun lainnya dapat terlihat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pemerintahan