4 Keunggulan Indonesia Di ASEAN Dari Aspek Geografis

Tercipta sebagai negara yang memiliki luas serta jumlah penduduk paling luas dan terbanyak di Asia Tenggara, membuat Indonesia diperhitungkan sebagai macan Asia Tenggara. Terbentang dari Sabang hingga Merauke, luasan Indonesia sekitar 1.922.570 km2 untuk wilayah darat serta perairannya seluas 3.257.483 km2. Negara ini juga memiliki 17.508 pulau besar dan kecil yang membentang sepanjang luasan wilayah Indonesia. Indonesia juga merupakan bagian dari negara-negara pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Sebagai anggota ASEAN, bangsa Indonesia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara ASEAN lainnya, yakni :

  1. Negara Maritim

Tidak hanya memiliki luas lautan 3,25 juta km2, Indonesia juga memiliki 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Karena luasan laut yang lebih besar dari pada luas daratan, Indonesia dijuluki Negara Maritim. Dengan penyematan Negara Maritim tersebut, negara ini mempunyai kekayaan hasil laut yang turut dimaksimalkan oleh tugas dan fungsi Angkatan Laut. Keunggulan hasil laut diantaranya, luas terumbu karang yang total luasannya 18% dari terumbu karang di dunia, serta memiliki 65% luas total di Coral Triangle.

  1. Keanekaragaman Sosial Budaya

Keunggulan luas wilayah Indonesia dibanding negara ASEAN lainnya, menjadikan negara ini memiliki 740 suku bangsa atau etnis sebagai karakteristik negara kesatuan, bahkan di wilayah Papua sendiri memiliki kekayaan sosial budaya yang berupa hidupnya 270 suku. Salah satu unsur wawasan nusantara ini menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai bahasa daerah terbanyak, yakni 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang dipakai suku bangsa di Indonesia. Keberagaman tersebut diikat dalam asas Bhineka Tunggal Ika sehingga bangsa semakin bersatu. Dengan keragaman sosial budaya ini, membuat negara Indonesia bisa mengunggulkan potensinya agar menambah devisa negara.

  1. Hutan Tropis Terluas

Hutan yang berada di wilayah Indonesia seluas 39 juta Ha. Dengan luasan ini, kekayaan hayati Indonesia menjadi terlengkap di ASEAN bahkan juga di dunia. Dengan bentangan pepohonan tersebut, membuat Indonesia salah satu paru-paru dunia. Kekayaan hayati yang paling mendunia milik Indonesia adalah Orangutan serta hewan endemik Indonesia lainnya, seperti Cenderawasih, badak bercula satu, harimau jawa, komodo, kasuari dan ada juga owa jawa. Tidak hanya dunia hewan Indonesia unggul dibanding negara ASEANlainnya, ada juga tumbuhan endemik yang tidak dimiliki negara lain, seperti bunga bangkai atau biasa disebut bunga Rafflesia Arnoldi, merupakan bunga terbesar di dunia dengan diameter mencapai 1 meter.

  1. Danau Terbesar di Asean

Berada di di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba menjadi terbesar di ASEAN. Tidak hanya terluas, Danau Toba juga menjadi terdalam se-Asia Tenggara. Dengan luas 1.145 kilometer persegi, danau ini termasuk tipe vulkanik dan juga menjadi danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victori di Afrika. Keunggulan lainnya adalah pemandangan yang indah serta ada Pulau Samosir yang berada di Danau Toba yang dapat dikunjungi oleh Anda yang ingin berlibur. Tidak hanya pemandangan yang indah, danau terbesar di ASEAN ini juga memiliki kekayaan budayanya.

Keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut diperhitungkan sebagai negara besar di Asia Tenggara. Dengan kekayaan alam yang berisikan hewan dan tumbuhan yang juga tidak dipunyai oleh negara ASEAN lainnya, membuat banyak yang tertarik pergi ke Indonesia.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Negara