4 Cara Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu saja kita harus mengetahui apa saja hak dan kewajiban warga negara. Tentu saja kita harus melakukannya karena sebagai warga negara Indonesia kita berhak melakukan berbagai macam kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia salah satunya adalah dengan mencintai tanah air kita Indonesia. Sebagai warga yang baik tentu saja kita harus menghormati negara Indonesia karena bagaimanapun kita juga tinggal di negara ini. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas hal mengenai cara meningkatkan rasa cinta tanah air yang bisa kita semua lakukan sebagai wujud nyata rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkannya :

  1. Bersikap patriotisme

Yang pertama adalah sebagai warga Indonesia kita harus bersikap patriotisme, patriotisme sendiri adalah sikap berkorban yang bisa kita lakukan untuk negara. Jika belum jelas bagaimana patriotisme, maka kita wajib tahu bagaimana contoh sikap patriotisme yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap negara kita yaitu Indonesia. Walau kita bukan pahlawan bukan berarti kita tidak bisa bersikap patriotisme ya, walau kita semua hanyalah masyarakat biasa tetap saja kita bisa menjadi warga yang patriotisme dengan peduli dan mencintai Bangsa Indonesia dengan segenap jiwa dan raga. Harus rela berkorban demi tanah air, itu merupakan salah satu tanda cinta kepada Indonesia.

  1. Cintai produk Indonesia

Sekarang ini jaman sudah berkembang, kita bahkan bisa membeli barang-barang dari luar negeri. Bahkan ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli barang branded. Salah satu cara meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia adalah dengan mencintai produk Indonesia.Selain lebih terjangkau harganya hal ini juga bisa mewujudkan rasa cinta nyata kepada negara sendiri. Dengan membeli produk asli Indonesia dapat meningkatkan ekonomi negara Indonesia juga. Contoh ini juga bisa menjadi salah satu contoh dari tindakan nasionalisme, jika mungkin kalian belum tahu apa itu arti nasionalisme maka bisa memahami dulu pengertian nasionalisme.

  1. Tidak melupakan budaya dan tradisi

Jaman sudah semakin modern, dan yang menjadi ironis adalah sekarang ini budaya dan tradisi khas Indonesia mulai tergerus dengan budaya asing. Belajar budaya asing boleh saja, namun jangan sampai lupa untuk menyaringnya. Sebagai warga Indonesia yang baik sudah selayaknya kita terus melestarikan budaya dan tradisi kita. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjaga budaya dan juga tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang, hal ini juga sekaligus belajar bagaimana cara merawat kemajemukan bangsa Indonesia. Oleh karena itu terus lestarikan budaya dan tradisi asli Indonesia. Jangan sampai pernah melupakan tradisi dari Indonesia.

  1. Meningkatkan kerukunan sesama warga masyarakat

Cara untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia bisa kita jaga dengan cara meningkatkan kerukunan sesama warga masyarakat. Jangan mengadu domba sesama rakyat, saling menghargai satu sama lain di tengah perbedaan yang ada dan juga meningkatkan rasa toleransi kepada sesama. Selain itu jangan menyebarkan hoax atau hal yang belum tentu kebenarannya yang bisa memecah belah bangsa. Sebisa mungkin menciptakan kedamaian dan kerukunan diantara masyarakat karena ini merupakan salah satu tanda mencintai tanah air Indonesia. Jika masyarakat Indonesia hidup dengan rukun maka bangsa Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan harmonis tanpa adanya perpecahan.

Itu dia beberapa cara meningkatkan rasa cinta tanah air yang bisa kita lakukan sebagai warga Indonesia. Sebagai warga Indonesia kita juga harus tahu mengenai Bhinneka Tunggal Ika secara jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 24th, November 2017 / 07:59 Oleh :
Kategori : Negara