4 Ciri-Ciri Negara Netral dalam Kehidupan Bernegara

Salam sejahtera bagi seluruh pembaca dimana pun anda berada. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas materi mengenai tokoh kongres pemuda 1. tentu setelah membaca materi tersebut pembaca semakin menyadari bahwa semua tokoh kongres pemuda tersebut merupakan para pendiri bangsa yang harus kita hargai segala jasanya dengan mengisi kemerdekaan negara ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan ini, penulis akan mengajak pembaca untuk membahas mengenai salah satu bentuk-bentuk negara di dunia, yaitu negara netral. negara netral ialah negara yang tidak memihak negara atau pihak mana pun dalam peperangan. Namun negara netral sangat berbeda dengan negara gerakan non blok barat dan blok timur. Ada beberapa contoh negara netral di dunia seperti negara Irlandia, Finlandia, Costa Rica, dan lain sebagainya.

Adanya negara netral di dunia cukup penting mengingat bahwa negara netral memiliki peran yang cukup berarti dalam menjaga perdamaian dunia. Ada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh negara netral yang membedakannya dengan negara-negara yang lain. penting bagi kita untuk memahami ciri-ciri tersebut. lantas, seperti apa ciri-ciri negara netral dalam kehidupan bernegara itu? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Tidak Memihak Negara Manapun

Ciri pertama dari negara netral yaitu negara ini tidak memihak negara mana pun dalam konflik yang antar negara. termasuk jika nantinya terjadi perang dunia, maka negara netral tidak akan memihak pihak mana pun dalam perang tersebut. namun bukan berarti negara netral tidak dapat melakukan apa pun. Negara netral masih bisa melakukan berbagai upaya kemanusiaan dalam perang seperti negara Finlandia yang menerima pengungsi serangan Jerman. Dengan demikian, contoh nilai kemanusiaan dapat dipertahankan.

2. Menyatakan Negaranya Sebagai Negara Netral

Salah satu karakteristik negara netral ialah negara tersebut menyatakan negara sebagai negara netral. Tanpa pernyataan ini, sulit diketahui bahwa suatu negara itu termasuk ke dalam negara netral. Maka dari itu, kenetralan suatu negara haruslah diumumkan. Pernyataan sebagai negara netral banyak dilakukan setelah perang dunia kedua berakhir.

3. Dapat Menjadi Penengah Dalam Konflik Antar Negara

Ciri ketiga dari negara netral yaitu negara ini dapat menjadi pihak penengah atau mediator dalam konflik antar negara. hal ini dikarenakan negara netral tidak memihak pihak manapun di dalam konflik. Maka dari itu, ketika terjadi suatu konflik antar negara, seringkali kita mendengar adanya campur tangan negara netral (selain PBB) untuk menjadi penengah negara yang berkonflik tersebut.

4. Wilayah Negaranya Dihormati oleh Pihak Berperang

Karakteristik terakhir dari negara netral yaitu wilayah negaranya harus dihormati oleh negara-negara yang berperang. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari negara netral. Negara yang berperang tidak diperbolehkan untuk mendirikan pangkalan militer di negara netral. Bahkan pesawat perang pun dilarang melintas di wilayah udara dari negara netral.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai Ciri-Ciri Negara Netral dalam Kehidupan Bernegara  yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu negara netral beserta ciri-ciri negara netral dalam kehidupan bernegaranya. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya negara netral di dunia juga ikut mewarnai usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, , ,




Post Date: Saturday 25th, August 2018 / 07:33 Oleh :
Kategori : Negara