Sponsors Link

16 Cara Meningkatkan Daya Imajinasi Otak

Sponsors Link

Daya Imajinasi adalah bentuk dari renungan, ide ide dan pemikiran yang unik yang melebar melewati batas ambang nalar manusia, yang akhirnya hasil akhirnya menjadi sesuatu yang memilki nilai estetika tinggi  yang awalnya diproses oleh otak menjadi sesuatu yang berbeda yang dapat dilihat oleh mata lalu dapat dinikmati oleh rasa (batin).

ads

Misalnya seorang pelukis menuangkan imjinasinya tentang bencana serangan tsunami yang meluluh lantahkan sebuah kota besar yang memiliki banyak gedung pencakar langit, dimana gambaran idenya tersebut dituangkan diatas kanvas lalu menjadikannya sebuah lukisan yang sangat indah  yang dan menggetarkan hati siapapun yang melihatnya.

Berikut adalah cara meningkat daya imajinasi :

1.Melatih otak kiri dan kanan secara bergantian

Melatih keterampilan berfikir otak kecil melalui kecepatan dan ketepatan berhitung tanpa menggunakan kalkulator atau belajar menulis dengan menggunakan tangan kiri walaupun sebenarnya anda menulis biasanya hanya menggunakan tangan kanannya. setelah itu latihlah keotak kanan dengan cara menulis sebuah artikel atau sebuah kisah tanpa dibantu siapapun . melatih otak kiri dan kanan mampu meningkatkan daya imajinasi menjadi lebih tajam dan lebih kreatif.

2. Memanfaatkan intuisi atau insting alami dengan sebaik baiknya

Setiap manusia mempunyai insting atau intuisi dalam kadar yang berbeda beda. banyak manusia yang mampu menggunakan intuisinya dalam berkarya atau melakukan penemuan atau hal hal yang inovatif dan terbaru. tetapi tidak sedikit pula yang tidak mengasah intuisinya dengan baik sehingga tidak pernah memiliki kreatifitas dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

3. Pandai mengendalikan suasana hati

Ketika seseorang sedang terserang rasa jenuh , rasa gelisah, kecewa dan sebagainya maka stres akan menyerang perlahan lahan yang membuyarkan daya konsentrasi anda dalam berfikir. membaca buku sesuai dengan kegemaran, bakat dan minat adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan stres anda dan mengendalikan suasana hati agar tetap tenang. mamapu mengendalikan suasana hati berarti akan mempermudah seseorang berfikir secara positif dan mengembangkan pemikiran pemikiran yang baru.

4. Melatih permainan menyusun kata

Melatih otak agar lebih teliti dan sabar adalah kunci utama dalam meningkatkan daya imajinasi yang kuat. imajinasi hanya datang ketika seseorang mempunyai kesabran dan ketelitian dalam hal berfikir positif. melatih otak  dalam menyusun kata lewat teka teki silang secarav teratur dapat menyehatkan sel sel otak dan mermperbaiki daya ingat secara simbolik.

5. Berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang orang kreatif

Bergaulah dengan orang orang kreatif yang mempunyai jiwa seni tinggi yang memiliki tujuan, kesamaan minat dan cara berfikir yang sama dalam hal mencari sesuatu dengan ide ide baru. sering berinteraksi dengan orang orang kreatif cenderung akan mengikat dan merubah  cara berfikir orang lain pada jalan yang kreatif pula dan membuat orang orang didekatnya menjadi lebih pandai dalam hal berfikir lebih kreatif dan lebih pandai dalam hal memanfaatkan intuisi.

6. Mencoba mencari dan menyukai keterampilan baru

Seseorang yang selalu ingin tahu pada hal hal yang belum diketahuinya adalah kreatif. mencari sesuatu dan menyukai keterampilan baru yang menguntungkan dapat meningkatkan rasa semanagat dan mempertajam daya imajinasi untuk dikembangkan kearah yang lebih luas lagi.

7. Melatih mental agar lebih kuat

Ketika kegagalan melanmda hendaknya menerima kekalahan terseburt dengan lapang hati dan menjadikannya sebagai kemenangan yang tertunda. kegagalan bisa diperbaiki dengan rasa percaya diri dan keyakinan bahwa kita adalah orang orang yang mempunyai keterampilan unik yang tidak semua orang memilikinya. keyakinan yang besar dapat meningkatkan imajinasi seseorang karena didalam keyakinan yang kuat terdapat sebuah kebanggaan dan ambisi yang harus dicapai.

8. Melatih ingatan agar selalu tajam

Ingatan yang tajam dan selalu tepat dapat diwujudkan dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin B kompleks. Viatamin tersebut mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan sel otak , melancarkan peredaran darah dan pembuluh darah disekitar otak dan mempertajam memori otak ketika otak  menangkap dan menyimpan informasi dari luar tubuh.

Otak yang sehat selalu dapat berfikir dengan positif dan lebih imajinatif. latihlah ketajaman ingatan otak anda dengan rajinmelatih berhitung dengan kecepatan dan ketepatan,  membaca, menulis dan rajin menulis pada buku dengan jujur tentang apa yang tidak anda sukai atau sukai dalam kehidupan ini, tulis pula kelebihan dan kekurangan anda. kemudian bersyukurlah bahwa sesungguhnya banyak manusia yang lebih bodoh dan tidak mampu memanfaatkan aimajinasinya dibanding anda.

ads

9. Berinteraksi dengan alam

Seseorang yang sering berinteraksi dan bersahabat dengan alam daya imajinasinya akan lebih terasah dan lebih sensitif. karena keindahan alam selalu mampu membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. seringlah jalan jalan berekreasi pada tempat tempat yang menumbuhkan rasa bangga, rasa decap kagum dan rasa bersyukur pada sang pencipta. perasaan persaan tersebut mammapu meningkatkan daya imajinasai secara alami.

10. Melakukan olahraga yang teratur

Olahraga selalu dapat menyehatkaan aliran darah yang menuju otak. jika aliran darah mernuju otak selalu lancar maka akan membuat daya imajinansi seseorang akan selalu bertambah tajam dan selalu berkembang kearah yang lebih baik. olahraga mampu memecah lemak jahat dan menghancurkan aktifiitasc bakteri yang menghambat kinerja dan menyumbat pembuluh darah menuju otak yang biasanya justru memicu seseorang menjadi tak dapat berfikir dengan baik.

11. Melatih berbicara dengan bahasa yang baku

Melatigh menggunakan bahasa yang formal dengan tepat dan terus menerus dapat mengaktifkan jaringan sel otak menjadi lebih peka terhadap informasi yang diterima dari tubuh. jika seseorang membaca buku dengan kalimat dan kata kata yang baku lalu mempraktekannya dengan ucapan fyang cepat dan tepat  dengan bahasa baku pula maka sedikit demi sedikit daya imajinasi seseoranag akan semakin tajam.

12. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makana dengan standar kesehatan yang seimbang misalnya mengandung antioksidan tinggi, ,zat besi tinggi dan omega 3 adalah sangat tepat untuk meningkatkan daya imajinasi seseorang. makanan tersebut dapat berupa Buah blackberry. kismis, strawberry atau jenis ikan ikanan.

13. Mencoba hal hal yang berhubungan dengan uji nyali

Mempertebal keberanian berarti mempertajam daya imajinasi dan memperkuat rasa percaya diri terhadapa apapun. hal hal yang berhubungan denagn uji nyali adalah olahraga yang membutuhkan keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. pada awalnya mungkin merasa takut tertapi jika sudah berulaangkali melaakukannya rasaa percaya diri akan terwujud dengan sendiri. pada saat itula daya imajinasi seseorang akan semakin terasah dengan baik. misalnya olahraga Arum jeram, panjat tebing, terjun payung bersama orang orang yang ahli dibidangnya dan sebagainya.

14. Menuangkan ide lewat tulisan lukisan atau syair lagu

Seseorang yang sedang gundah, kecewa, jatuh cinbta, kesal  atau sedang bahagia dapat menuangkan perasaannya yang paling jujur dan tulus itu  lewat tulisan, lukisan atau berupa syair lagu. ketika menuangkannya lewat karya seni maka yang akan muncul adalah hasil seni yang jujur, asli dan mempunyai nilai estetika yang sangat imajinatif dan kreatif. karena lewat cara  itulah orang orang bisa memahami apa yang sedang anda rasakan tanpa harus lagi bertanya pada anda.

15. Melatih untuk berfikir positif

Hindarilah pikiran pikiran negatif atau hal hal yang dapat membuat pikiran positif anda terhambat. pikiran negartif tentang apapun juga dapat menghambat dan menyumbat kreatifitas seseorang yang sebenarnya sangat kreatif . pikiran negatif selalu menggagalkan ide ide baru yang akan muncul dan kerab menghancurkan niat hati untuk berkarya atau beraktifitas sesuai dengan kesukaan, kegemaran, bakat dan minat seseorang. mulailah berlatih untuk gemar berfikir yang baik baik , berprasangka baik pada orang lain, tidak mudah menyalahkan orang lain. pandai menghargai dan menghormati karya orang lain dan tidak menghina pendapat orang lain yang berterntangan dengan kita atau hal hal lain yang bersifat baik.

16. Istirahat yang cukup 7 sampai 8 jam

Bagi anak anak tidur yang ideal adalah 8 sampai 12 jam tetapi pada orang dewasa cukup 8 jam. Istirahat yang cukup dapat membuat daya tahan tubuh kembali stabil dan membuat jaringan otak dalam keadaan yang tenang dan lebih fokus. daya imajinasi akan semakin tajam karena pembuluh darh menuju otak dalam keadaan baik.

Cara meningkatkan imajinasi bagi yang tidak mampu mengembakan bakat dan minat 

Cara Mengasah dan mempertajam imajinasi bagi orang orang yang tidak mampu mengembangkan bakat dan minatnya dengan baik. Semua manusia pada dasarnya memiliki imajinasi didalam otaknya namun berpulang kembali pada orang yang bersangkutan dapat memanfaatkan , mengolah , dan mengembangkannya atau tidak. Semakin pandai seseorang memanfaatkan imajinasinya dengan kreatif maka akan semakin menguntungkan dirinya dari segi pemikiran , kebanggaan, nilai estetika yang didapat dari hasil karya yang tercapai, dari segi kepuasan batin dan dari segi materi.

Berikut adalah Cara meningkatkan imajinasi bagi yang tidak mampu mengembakan bakat dan minat :

Sponsors Link

  • Orang orang yang tidak bisa mengolah dan mengembangkan bakat dan minatnya dengan baik maka harus melatih dirinya dalam hal meningkatkan imajinasi misalnya belajar melukis, belajar menuangkan isi hati pada secarik kertas atau belajar menuliskan syair lagu tentang hal hal yang ada didalam kepala (otak).
  • Cara paling mudah untuk mempertajam imajinasi seseorang adalah dengan menjalankan keterampilan otak kanan dan kiri secara bersamaan atau bergantian. misalnya  Untuk otak kiri ,membiasakan berlatih menulis dengan menggunakan tangan kanan dan dan berhitung dengahn cepat tetapi harus tepat. Sedangkan untuk otak kanan belajaralah membuat gambar atau melukis sesuai dengan hal hal yang ada didalam otak anda .
  • Belajar menggunakan warna sebagai bahan latihan, yaitu belajar menciptakan warna baru dari pencampuran dua warna dasar yang berbeda dan membuatnya sebagai wakil dari persaan anada ketika anda menuangkannya diatas kanvas atau kertas.  warna adalah perwujudan dari suasan hati anda, misalnya orang yang sedang bahagia karena jatuh cinta cenderung akan menggunakan warna warna cerah dalam berpenampilan. hal tersebut karena otak yang memerintahkannya karena didorong oleh rasa bahagia yang tanpa sadar telah menyentuh imajinasi anda.
  • Seseorang yang telah mampu membuat sesuatu yang baru dan sesuai dengan apa yang diinginkanya tanpa dorongan orang lain, maka seseorang tersebut dapat dikatakan telah menggunakan daya imajinasinya. misalnya seseorang membuat tas wanita dari bahan daur ulang berupa plastik bekas atau membuat dompet dan  baju hangat dari bahan kain bekas dari sisa limbah pabrik pakaian.

Daya imajinasi adalah hasil karya murni dan tulus dari pemikiran manusia yang tidak memiliki batas dan tidak akan pernah bisa dilarang oleh orang lain selama daya iamjinasi tersebut digunakan untuk hal hal yang bermanfaat dan penuh dengan kreatifitas yang kelak akan mempertebal rasa percaya diri seseorang untuk tetap berlatih mengembangkan minata dan bakatnya.

Meningkatkan daya imajinasi pada anak anak usia dini sangat penting diterapkan , yaitu bisa dimulai dan berlatih dari bimbingan belajar , pembinaan, memberi pemahaman dan latihan latihan yang kreatif , mandiri dan penuh dengan pembelajaran dan pemahaman yang mempertajam imajinasi yang dilakukan secara teratur sesuai dengan kegemaran , minat dan bakat seseorang yang bisa dikembangkann  pada beberapa lembaga pendidikan non formal karena pentingnya pendidikan anak usia dini.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 07:08 Oleh :
Kategori : Moral