Sponsors Link

5 Ciri ciri Globalisasi di Dunia beserta Pengaruhnya

Sponsors Link

Globalisasi merupakan proses alami yang berkembang dan meluas tanpa hambatan ruang dan waktu, dimana perkembangan intedrasinya bersifat internasional yang didalamnya terdiri dari kemajuan tehknologi, transpotasi, komunikasi, aspek aspek kebudayaan, adanya pertukaran pandangan dunia, adanya perkembangan dari penemuan baru dalam bidsang internet dan masih banyak lagi.

ads

Akibat dari  semua itu membuat seluruh dunia mengalami peningkatan cara berfikir , merubah gaya hidup dan mengalami peningkatan ide ide kearah yang lebih baru, meningkatkan rasa saling ketergantungan satu manusia dengan maanusia lain.

Pentingnya globalisasi

Pentingnya globalisasi yang membuat perubahan cara berfikir dan cara pandang manusia sehingga apa yang telah dinikmati dari hasil globalisasi menjadi milik seluruh manusia didunia.

1.Adanya Keterbukaan disegala aspek kehidupan

  • Pada era globalisasi disegala aspek kehidupan mengalami penyebaran informasi besar besarnya tanpa ada halangan terutama pada aspek komunikasi dan informasi yang berhubungan media masa, segaka berita terkini dan peristiwa yang terjadi . peristiwa bersejarah dan lain lain .Semua bisa terbaca dan diketahui banyak pihak diseluruh dunia walaupun berada padaa bahasa yaanag berbeda.
  • Pada era globalisasi ini ditandai dengan adanya kebebasan dalam berpendapat, bersuara, mengeluarkan opini ,pikiran pikiran baru dan argumen argumen yang di buat secara tulisan dan lisan

2. Adanya Perubahan pada kondisi ekonomi dunia

  • Globalisasi pada bidang ekonomi didalamnya berhubungan dengan cara berfikir dan cara memanfaatkan jaringan informasi perdagangan, perniagaan dan lain-lain. Kondisi ini bisa disebut sebagai era pasar bebas yang telah terjadi pada tingkat yang lebih luas yaitu perdagangan yang diperluas dalam skala besar atau internasional.

3. Adanya peningkatan hubungan kebudayaan  didunia

  • Globalisasi ini dapat memperkokoh dan mempererat tali persahabatan serta meningkatkan rasa toleransi yang tinggi antar bangsa yaitu melalui teknologi canggih yaitu lahirnya handphone, mesin fax, antena parabola, sateliut, telegram, majalah, koran, internet, komputer , laptop dan lain lain. Dengan cara itu siapapun dapat mengetahui, mengenal dan memahami tentang sejarah budaya negara lain yaitu bisa berbentuk film tentang sejarah, opera musik, fashion , gaya hidup yang dikisahkan dalam media masa dan lain lain.

4. Adanya masalah dan konflik tentang lingkungan alam

  • Terjadi masalah lingkungan yang membuat campur tangan pihak tertentu , wilayah tertentu , negar tertentu bahkaan bagi seluruh negar didunia, yang harus diakukan sesuatu agar kerusakan lingkungan alam tidak menyebar dan mempengaruhi kehidupan manusia sedunia misalnya adanya pemanasan global yang bisa merusak atmosfer bumi dan memicu kerusakan tanah, air dan lain lain dimana hal itu menjadi masalah bersama yang harus dilakukan jalan keluarnya bagi seluruh manusia didunia. misalnya sama sama Mencari jalan dengan  cara pengadaan penghijauan. pelestarian hutan tropis dan subtropis dan menghidupkan kembali hutan hutan yang dilindungi agar dapat menertralisir dampak buruk akibat pemanasan global.

Berikut adalah beberapa ciri ciri globalisasi :

  1. Adanya perkembangan berita dan interaksi kultural lewat inforammsi berita disurat kabar, media masa, majalah, koran , televisi, melalui buku buku yang didalam penerapannya mengalami keberagaman cara.
  2. Adanya konflik dan masalah bersama dalam masyarakat luas dan bisa meluas menjadi persoalan dunia yang harus sama sama segera diselesaikan, yaitu berhubungan dengan adanya kerusakan lingkungan alam berupa pencemaran limbah industri pada laut,atau pemanasan global yang mempunyai dampak buruk bagi seluruh kehidupan makhluk di bumi agar tidak menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan.
  3. Adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya antar satu negar dengan negara lain tanpa kita sadari
  4. Adanya perubahan perkembangan ekonomi global diseluruh dunia termasuk perdangan dan ekspor impor
  5. Perubahan kemajuan dan perkembangan teknologi disegala aspek yang tidak mengenal ruang dan waktu serta tanpa bisa dicegah siapapun

Pengaruh Globalisasi pada Dunia

Macam macam globalisasi yang dapat mempengaruhi kemajuan teknologi dan perubahan disegala sektor serta aspek aspek kehidupan umat manusia didunia dan peran globalisasi di Indonesia , yang dapat terlihat dari ciri ciri yang dimilikinya sebagai berikut:

1.Globalisasi pada aspek Ekonomi

Sponsors Link

Globalisasi pada bidang ekonomi saangat berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan perdagangan dan sistem perniagaan secara luas (internasional) yang bisa dilakukan dengaan cara ekspor impor.

Contoh :

  1. Menjamurnya bangunan supermarket yang didirikan ditengah masyarakat dimana semua kebutuhan dapat dipenuhi dalam waktu singkat dengan patokan harga yang sudah disesuaikan oleh harga pasar dunia.
  2. Adanya aktifitas ekspor dan impor didalam negeri yang semakin berkembang dan maju, apalgi saat ini indonesia telah mampu memproduksi produk sendiri yang sudah diekspor keluar negeri. hal ini adaalah kebanggan bagi dalam negeri akan bisa bersaing dikancah ekonomi dunia.
  3. Masuknya produk dan barang barang dari mancanegara yang mudah didapat diberbagai pasar tradisiponal, super market atau event evrent pameran yang ada didalam negeri dengan harga yang telah disesuaikan dengan kualitas barang yang ditawarkan.
  4. Adnaya pasar bebas internasional yang mendaapaatkan dukungan penuh dari pemerintah dan rakyat yang menginginkan produk luar negeri dengan harga yang murah.

2. Globalisasi pada aspek politik

Globalisasi pada bidang politik merupaka kebijakan negara yang telah ditetapkan secara tidak langsungdapat mempengaruhi kebijakan kebijakan lain yang ada pada tingkat regional daan internasional tanpa hambatan apapun.

Contoh :

  1. Adanya organisasi dunia  (PBB) yang menjadi wadah untuk saling bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi negara negara yang menjadi anggota PBB (perserikatan bangsa bangsa)
  2. Dapat menyebabkan negara yang satu dengan negara yang lain saling mempereat tali persaudaraan lewat kerja sama dalam bidang politik yang saling menguntungkan.
  3. Adanya aturan aturan dan undang undang dalam pelaksanaan politik negara yang berhubungan dengan globalisasi yang menyebarkan berbagai macam teknologi dan kemajuan dalam berbagai aspek misalnya sosial, ekonomi dan lain lain.

3. Globalisasi dalam aspek Informasi dan komunikasi

Globalisasi bidng informasi dan komunikasi telah menghasilkan suatu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat menyebar dan merata . Kemajuan tersebut mempermudah siapapun untuk saling bersosialisasi, berinteraksi dan berkomunikasi secara bebas pada jalur dalam ataupun luar negeri. (baca : proses terbentuknya masyarakat berdasarkan pendekatan interaksi sosial)

Contoh :

  1. Berkembangnya teknologi dalam negeri yang dapat dikerjakan sendiri oleh warga negara indonesia dengan hasil yang sama baiknya dengan produk luar negeri. misalnya keberhasilan ank anak bangsa menciptakan inovasi terbaru berupa mobil, handphone, pembuatan sandal kulit yang unik , berbagai bentuk tembikar, sepatuyang dibuat dari bahan daur ulang, pembuatan  komputer, laptop televisi dan lain  lain, yang jika terus menerus dilakukan promosi besar besaran diseluruh dunia akan kehebatan produk dalam negeri  maka bukan tidak mungkin produk indonesia siap melaju dan berkompetisi dalam dunia ekspor dengan produk produk buatan bangsa lain.
  2. Adanya informasi yang cepat menyebar keseluruh daerah yang ada didalam negeri melalui pemberitaan surat kabar, majalah, televisi, internet, handphone dan lain lain sehingga masyarakat yang tadinya belum mengetahui dan memahami sesuatu akhirnya mampu memahami segalanya.
  3. Adanya sosial media yang beragam yang mampu mempercepat pemyampaian atau pemberitaan tentang berita berita sejaraah masa laampau dan berita terkini hingga pelosok daerah yang minim akan teknologi elektronik.
    Sponsors Link

4. Globalisasi pada aspek Ideologi

Globalisasi pada bidang ideologi menyebabkan berkembangnya sebuah ajaran dan paham macam macam ideologi asal asing pada negara negara didunia yang mempunyai andil besar dalam mempengaruhi sikap dalam berfikir, beropini, berpendapat, merubah prilaku negara negara lain.

Contoh :

  1. Masuknya bahas asing kedaalam negeri menjadi modal sebagai peningkat kreatifitas dan kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan menguntungkan bagi  lembaga lembaga kerja yang membutuhkan seorang kaaryawan yang mampu berbahsa lain selain Indonesia.
  2. Dapat memudarkan sikap toleransi dan sikap saling menghargai didalam hidup bermasyarakat yang seharusnya tetap dilandasi kerja gotong royong.
  3. Para wanita yang dapat mengendalikan keuangan dan mampu bekerja pada instansi instansi yang awalnya hanya pria saja yang melakukannya.

Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif yang sama sama dapat mempengaruhi kestabilan , kemajuan dan perkembangan teknologi dan aspek aspek lain. Dampak positif dari globalisasi adalah agar dalam negeri dapat memproduksi, mengembangkan dan menyebarkan hasil kerja putra putra bangsa dalam bidang teknologi yang efeknya dapat memper

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, April 2016 / 06:55 Oleh :
Kategori : Lingkungan