7 Contoh Ancaman Politik dari Dalam dan Luar Negeri

Setiap warga negara tentu saja menginginkan yang namanya kedamaian dan kententraman. Siapa yang tidak ingin memiliki negara yang aman-aman saja tanpa ancaman? Semua warga tentu saja menginginkan hal yang seperti itu. Namun rupanya berbagai macam faktor bisa mendalangi adanya berbagai macam ancaman. Berbagai macam faktor bisa memicu terjadinya ancaman kepada beberapa aspek yang ada di sebuah negara. Bagi sebuah negara, politik sendiri merupakan salah satu hal yang paling berharga. Tanpa adanya politik mungkin negara akan sulit untuk bisa berdiri, oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai informasi penting terkait contoh ancaman politik yang bisa saja menyerang Bangsa Indonesia dari luar maupun dalam negeri. Berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda :

Ancaman politik dari dalam negeri

Yang pertama kita akan membahas mengenai ancaman politik yang bisa berasal dari dalam negeri. Karena ancaman itu asalnya tidak hanya dari luar saja, namun ancaman politik juga bisa datang dari dalam negeri sekalipun. Sebelumnya ketahuilah juga mengenai contoh ancaman non militer.Berikut ini adalah beberapa contoh ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang bisa Anda pahami :

  1. Korupsi

Ancaman pertama yang berasal dari dalam negeri sendiri itu adalah korupsi, korupsi merupakan salah satu ancaman yang berasal dari dalam negeri sendiri. Seperti yang kita ketahui jika di Indonesia sendiri masih banyak apra pejabatnya yang memang menyalahgunakan kekuasaan mereka hanya demi mencari keuntungan semata untuk pribadi dengan cara korupsi. Korupsi yang mereka lakukan ini sangatlah merugikan bangsa, yang pertama karena itu adalah uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk membangun infrastruktur negara namun karena uang itu mereka ambil tentu saja pembangunan yang ada di Indonesia menjadi sedikit terhambat bukan? Karena dana yang seharusnya digunakan untuk membangun telah diambil oleh pejabat yang seharusnya mengurus. Hal seperti korupsi ini bisa menghambat kemajuan bangsa dan juga bisa merugikan negara dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu sampai sekarang masyarakat berharap banyak supaya pejabat dan pemerintah lebih mementingkan bangsa daripada kemauan mereka sehingga negara Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju dan bisa bersaing dengan negara lainnya. contoh ancaman terhadap nkri ini juga ada berbagai macam jenisnya.

  1. Konflik SARA yang dikaitkan dengan politik

Seperti yang kita tahu jika di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam suku, ras dan juga agama. Indoenesia merupakan salah satu negara yang bhineka tunggal ika sehingga banyak sekali budaya yang berbeda. Namun yang ironis di Indonesia sampai saat ini banyak sekali konflik yang tercipta akibat adanya perbedaan agama dan suku yang didalangi oleh bidang politik. Tidak usah kita sebutkan pasti Anda sudah tahu kasus yang terjadi di tahun 2017 lalu, banyak sekali konflik seperti itu yang dilatari dengan bidang politik. Yang sangat disayangkan adalah adanya beberapa pihak yang memanfaatkan perbedaan SARA itu sebagai perang dalam dunia politik, menjatuhkan satu sama lain. Tentu saja ancaman politik dari dalam negeri yang satu ini bisa menimbulkan beberapa bahaya dan resiko yang sangat merugikan bagi Bangsa Indoensia. Selain politik di Indonesia yang akan terguncang, persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia ini bisa menjadi pecah akibat adanya konflik SARA. Ancaman dari dalam negeri seperti konflik SARA yang dilatari dengan politik ini bisa mengakibatkan kondisi Indonesia menjadi tidak kondusif dan bisa menjadikan Indonesia sebagai sorotan negara lainnya. Semoga saja tidak ada lagi konflik seperti ini.


  1. Penurunan paksa pemerintahan

Masalah atau ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang selanjutnya adalah penurunan paksa pemerintahan. Di Indoensia sendiri pernah ada kasus besar-besaran di mana warga berusaha menurunkan presiden Soeharto pada masa itu kondisi Indonesia menjadi tidak kondusif dalam berbagai bidang misalnya saja yang terkena imbasnya adalah ekonomi. Belajar dari pengalaman beberapa tahun silam, bisa dibilang kejadian penurunan paksa suatu pemerintahan itu merupakan salah satu ancaman politik yang bisa terjadi di dalam negeri. Mengapa itu menjadi sebuah ancaman politik? Karena jika suatu pemerintahan itu diturunkan maka bisa saja banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi warga masyarakat. Misalnya saja imbasnya dari penurunan itu adalah krisis ekonomi yang melanda, sistem pemerintahan yang semrawut, bahkan mungkin akan banyak kerusuhan terjadi dimana-mana. Salah satu ancaman politik ini memang bisa menjadi keresahan bagi masyarakat.

  1. Isu-isu politik

Ancaman politik yang keempat dan bisa berpotensi menggoyahkan masyarakat adalah isu-isu politik. Isu-isu politik ini beragam sekali jenisnya, ada yang mencuat ketika pemilu terjadi sehingga memecah beberapa kubu politik, isu-isu politik mengenai pejabat dan pemerintahan tertentu, dan masih banyak lagi. Isu politik yang muncul itu biasanya akan mencuat disertai dengan beberapa aksi seperti demo yang dilakukan oleh masyarakat. Hal-hal seperti isu politik yang mungkin tidaklah jelas simpang siurnya ini mungkin akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indoenesia. Sehingga bisa dianggap sebagai salah satu ancaman politik yang akan membahayakan pemerintah dan juga masyarakatnya. Jika mungkin ada isu politik lagi sebagai masyarakat yang bijak sebaiknya kita tidak terlalu ikut campur dan tidak usah terlalu emosi. Selain itu jangan menjadi seorang provokator karena itu bisa membuat keadaan menjadi semakin memanas dan juga memperkeruh keadaan politik.


  1. Pelanggaran HAM

Mungkin Anda belum tahu banyak mengenai infromasi yang satu ini, namun masyarakat internasional atau masyarakat dunia itu melihat sebuah negara itu melalui politik sebuah negara yang mencakup HAM, demokrasi, lingkungan hidup negara itu, dan juga penyelanggaraan sistem pemerintahan yang bersih dan transparan. Oleh karena itu HAM juga menjadi salah satu instrumen yang penting di Indonesia karena HAM merupakan hak yang melekat pada setiap warga negara dan sifatnya adalah mutlak. HAM merupakan salah satu instrumen yang wajib dalam politik dan harus sangat dihargai dan dijunjung tinggi. Sehingga jika terjadi pelanggaran HAM di sebuah negara maka itu juga bisa menjadi ancaman karena HAM sendiri merupakan salah satu pandangan dari politik, jika dilanggar maka tentu saja politik di negara itu bisa terganggu karena adanya pelanggaran HAM yang tentu saja perlu diawasi dan diselesaikan. Ketahuilah juga mengenai jenis-jenis pelanggaran HAM.

Ancaman politik dari luar negeri

Tadi diatas kita sudah membahas beberapa macam ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang selanjutnya kita akan membahas berbagai macam ancaman yang berasal dari luar negeri yang berada di bidang politik. Sehingga sebaga warga negara Indonesia kita bisa tahu apa saja yang menjadi ancaman politik dan tidak. Berikut ini adalah informasi mengenai ancaman politik dari luar negeri yang bisa kita pahami dan kenali :

  1. Terorisme

Salah satu ancaman yang sangat berbahaya dan bisa menganggu bangsa adalah terorisme, sebenarnya terorisme ini juga banyak yang berasal dari dalam negeri sendiri. Namun baru-baru ini yang menjadi populer dan mengkhawatirkan negara-negara di dunia adalah kelompok terorsime dari luar negeri yaitu ISIS dan semacamnya. Terorisme seperti itu banyak mengambil warga asli Indonesia dan menjadikannya sebagai anggota, tentu saja terorisme ini sangatlah meresahkan negara sehingga sangat perlu segera diberantas. Terorsime yang terjadi ini bisa menyebabkan ketidakstabilan sebuah negara, bisa mengguncang ekonomi dan juga kondisi sosial budaya masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Cara mencegah radikaslime dan terorisme juga harus kita ketahui supaya Indonesia terhindar dari masalah terorisme


  1. Negara lain yang ikut campur masalah internal Indonesia

Masalah atau ancaman pada bidang politik yang kedua ini asalnya dari luar negeri, ancaman politik itu tak lain tak bukan adalah jika negara lain ikut campur dengan masalah internal yang dialami Indonesia sendiri. Misalnya saja seperti urusan hak asasi manusia yang ada di Indonesia, pemilihan umum, maupun masalah hukum yang seharusnya menjadi permasalah Indonesia dan harusnya disselesaikan sendiri oleh pemerintah Indonesia yang berwenang. Pendapat dari negara lain itu sedikit banyak mungkin bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan. Jika dampaknya baik bagi Indonesia mugnkin tidaklah masalah, namun jika ternayta keputusan yang diambil itu tidaklah sesuai dengan ideologi pancasila yang ada maka bisa saja membahayakan Indonesia sendiri. Bahkan mungkin bisa menjerumuskan dan memecah belah Bangsa Indonesia.

Menghindari ancaman politik

Sebagai warga Indonesia kita juga bisa mencegah atau meminimalisir ancaman politik itu sehingga kestabilan Indonesia tercapai dan kondisi Indonesia akan tetap kondusif. Karena itu kali ini kami akan membagikan beberapa cara untuk menghindari ancaman politik yang ada di negara kita. Berikut ini adalah tipsnya untuk Anda!

  1. Jangan sampai jadi provokator, jika ada masalah seperti misalnya isu politik atau konflik yang berbau SARA maka sebagai warga yang baik kita berusaha untuk menjungjung toleransi dan bisa menjadi masyarakat yang bijak. Jangan sampai menjadi salah satu provokator yang membuat masyarakat atau kubu tertentu menjadi semakin panas dan emosi. Jadilah bijak karena jika maish bersikap seperti provokator maka mungkin tak akan ada kata stabil dan aman.
  2. Cara kedua adalah selalu menjadi masyarakat yang taat akan hukum di Indonenesia. Jangan sampai kita melanggar hukum-hukum dan terutama hukum HAM. Seperti yang sudah dikatakan di atas jika salah satu ancaman politik dari dalam negeri adalah terjadinya banyak pelanggaran HAM. Oleh karena itu sebagai warga Indonesia sebaiknya kita segera memperhatikan hukum yang ada.

Itu dia beberapa informasi penting mengenai contoh ancaman politik baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk yang terakhir ketahuilah juga mengenai sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang satu dan utuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua!

, , , , ,




Post Date: Wednesday 03rd, January 2018 / 12:37 Oleh :
Kategori : Negara