Contoh Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Politik

Negara dengan kelimpahan sumber daya alam serta keberagaman masyarakatnya merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia. Karakteristik negara kesatuan yaitu hidupnya suku bangsa yang berbeda secara adat istiadat, bahasa, agama, dan pastinya memiliki pemecahan masalah yang beragam, sehingga dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan interaksi sesama akan mengandung potensi konflik besar dikarenakan keberagaman tersebut. Tetapi Indonesia memiliki cara pandang dan sikap mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan semboyan prinsip Bhineka Tunggal Ika, sehingga ancaman tersebut tidak dapat terjadi. Cara pandang itu disebut wawasan nusantara. Dan dengan diterapkannya unsur wawasan nusantara, merupakan sebagai perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan.

Contoh Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Politik

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam aspek apapun menjadi agenda utama dalam bernegara. Sehingga penting untuk dilihat bagaimana penerapan perwujudan kepulauan nusantara sebagai kesatuan politik maupun ekonomi, berikut contohnya.

  1. Satu Kesatuan Untuk Usaha Bersama

Bangsa ini memiliki cara pandang khusus perihal pengelolaan ekonominya. Hal itu bisa dilihat dalam pasal 33 ayat 1 dalam UUD 1945, yang menyebutkan “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.” Sehingga sangat penting untuk mengutamakan kesejahteraan masyarakat secara luas. Meskipun kepemilikan dikuasai oleh  negara, bukan berarti hanya untuk memakmurkan negara atau golongan tertentu saja, tetapi dalam pengerjaannya, produksi dikelola oleh semua serta hasilnya dibagi rata untuk masyarakat.

Sesuai ciri-ciri negara kesatuan akan penerapan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan awal. Usaha bersama untuk semuanya tanpa memakmurkan golongan tertentu bisa dilihat dari cara kerja koperasi. Badan ini memiliki sifat yang mewujudkan cita-cita yang dibentuk bersama dan hasilnya untuk bersama pula. Dan koperasi memiliki tujuan yang memajukan kesejahteraan anggota, masyarakat serta tatanan ekonomi secara nasional. Dalam praktiknya sudah banyak koperasi, terutama di setiap desa di Indonesia sudah berjalan secara maksimal.

  1. Perwujudan Yang Berdasar Kearifan Lokal

Pengaplikasian perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan tidak akan meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah masing-masing. Sehingga kekuatan politik dan ekonomi yang beragam menjadi kekuatan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Contoh perwujudan tanpa meninggalkan kearifan lokal diantaranya :

  • Pemerintahan Aceh, pengembangan otonomi daerah ini sudah dikhususkan untuk bergantung sesuai dengan kearifan lokal yang merupakan potensi daerah yang ada. Sehingga pemanfaatan potensi minyak bumi maupun gas alam tidak akan mengubah kultur sosial budaya yang ada. Maka ketika semua berjalan bersama, secara ekonomi dan politik Aceh sudah berhasil mewujudkan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sesuai ciri khas daerahnya.
  • Pemanfaatan Produk Kesenian, banyak daerah yang memiliki kesenian yang tidak dimiliki satu sama lain bahkan di negara lain. Salah satunya di Bali, maka dengan keunikan ini, daerah Bali bisa mengembangkan perekonomiannya dengan cara menjual hasil kesenian yang khas dari daerahnya, seperti patung, lukisan ataupun kerajinan lainnya. Sehingga mendorong usaha masyarakat dari berbagai lapisan dan kemakmuran untuk semuanya menjadi terwujud.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Negara