4 Makna Kesaktian Pancasila yang Mudah Dimengerti

Berdirinya sebuah Negara harus memenuhi syarat- syarat tertentu dan tidak bisa ganggu gugat, sehingga kita tidak bisa mendirikan sebuah Negara seenaknya. Salah satu syarat berdirinya suatu Negara yaitu memiliki dasar Negara, seperti yang kita tahu bahwa dasar Negara Indonesia adalah Pancasila. Tentunya setiap Negara memiliki dasar Negara yang berbeda- beda dan anda juga bisa melihat perkembangan dasar hukum peradilan agama islam, Pancasila sendiri merupakan salah satu dasar Negara yang hingga saat ini diakui oleh seluruh Negara yang ada.

Sebagai dasar Negara, Pancasila juga merupakan sebuah ideologi yang terdiri dari dua kata berbahasa sansekerta. Dalam bahasa sansekerta, panca sendiri memiliki arti lima dimana kita bisa menghitung bahwa Pancasila memiliki jumlah lima poin penting di dalamnya. Sedangkan sila memiliki arti prinsip atau asas, sehingga Pancasila sendiri memiliki arti lima prinsip atau lima asas Negara Indonesia.

Dengan nama dan artinya sebagai lima prinsip, maka Pancasila digunakan sebagai rumusan serta pedoman kehidupan dalam berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sangat penting bagi kita masyarakat Indonesia untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta kecintaan terhadap Negara sendiri. Salah satunya yaitu dengan mempelajari Pancasila dan melihat contoh negara uni, tidak hanya artinya saja tetapi juga memahami kelima poin dasar dari pancasila.

Pancasila dirumuskan untuk memperkokoh berdirinya Negara Indonesia, selain itu dengan adanya Pancasila sebagai bangsa Indonesia tentunya dapat menjalankan hidup yang lebih baik mengingat sebelum pancasila dirumuskan banyak sekali rakyat Indonesia yang susah. Tidak hanya menjadi pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara, pancasila juga dijadikan sebagai pedoman dalam mengatur masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang damai dan sejahtera.

5 Sila dalam Pancasila

Selain itu dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari berbeda dengan ciri ciri negara hukum, anda telah membantu bangsa dan Negara untuk mewujudkan cita- citanya. Cita- cita Negara tidak hanya sekedar mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera saja tetapi juga mewujudkan Negara yang maju dengan kecerdasan masyarakatnya. Untuk itu anda perlu memahami kelima sila dalam pancasila sebagai berikut.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Itulah kelima sila pada pancasila yang perlu anda pahami dengan baik, karena kita adalah warga negara Indonesia. Selain itu pancasila juga terdapat pada pembukaan atau biasa disebut dengan preambule pada UUD 1945 pada paragraf ke empat. Di indonesia sendiri ada upaya khusus untuk memberikan pemahaman serta arti penting dari Pancasila sejak dini. Tidak melalui teori seperti belajar di kelas tetapi dengan mewajibkan adanya pembacaan Pancasila pada waktu Upacara.

Makna dibalik 5 Sila pada Pancasila

Dengan adanya kebiasaan tersebut, tidak heran jika setiap warga Negara pasti mengetahui apa saja lima sila dalam Pancasila. Dalam perumusan Pancasila sendiri telah mengalami banyak sekali perubahan  hingga pada tanggal 1 Juni 1945, rumusan Pancasila terakhir telah ditetapkan dan tidak akan ada perubahan lagi. Selain itu anda juga bisa melihat macam macam sidang dan rapat mpr, seperti berikut ini.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama pada Pancasila di atas memiliki arti yang sangat penting, dimana bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam ras, suku, bangsa, budaya, dan agama. Sehingga setiap warga Negara Indonesia wajib percaya dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama serta kepercayaannya masing- masing.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dalam Pancasila pada sila ke duanya setiap warga Negara Indonesia harus dapat mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajibannya antar sesama manusia dalam bersosial.

3. Persatuan Indonesia

Untuk menjadikan Negara yang kokoh dan jauh dari penjajahan, setiap warga Negara di Indonesia harus bisa bersatu. Setiap warga Negara Indonesia juga harus menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa serta Negara di atas kepentingan pribadi ataupun golongan.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Dalam sila ke empat ini memiliki artian bahwa setiap warga Negara indonesia dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang bijaksana serta lebih mengutamakan kepentingan Negara dan masyarakat daripada kepentingan individu dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila ke lima di atas memiliki artian bahwa setiap warga Negara Indonesia harus bisa bersikap adil dalam bermasyarakat. Tidak hanya itu, setiap warga Negara Indonesia juga harus bisa mengembangkan perbuatan- perbuatan luhur.

Itulah arti penting dari kelima sila pada Pancasila berbeda dengan perbedaan traktat dan konvensi, pastikan anda bisa mengaplikasikan dan memahami Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dengan baik. Selain itu, adapun sejarah mengenai kesaktian pancasila dan makna kesaktian Pancasila.  Berawal dari tragedi G30SPKI, pada 30 September 1965. PKI sendiri merupakan sebuah Partai yang ada di Indonesia dengan lambang celurit dan memiliki bendera berwarna merah.

Tragedi G30SPKI sendiri merupakan sebuah insiden dan hingga kini masih menjadi perdebatan masyarakat. Salah satu usaha dari adanya organisasi Partai Komunis Indonesia yaitu mengubah unsure Pancasila. Untuk itu pemerintah mencoba membubarkan PKI, namun tidak semudah itu sehingga banyak sekali pembantaian mulai dari rakyat kecil hingga para jenderal pun hilang dan tewas karena PKI.

Makna Kesaktian Pancasila

Dikabarkan ada seorang kapten bersama enam jenderal dan masih banyak lagi yang dibunuh oleh PKI. Ini merupakan salah satu upaya kudeta berbeda dengan perubahan redaksi atas teks proklamasi, gejolak yang diakibatkan oleh PKI ini akhirnya berhasil diredam oleh pasukan militer Indonesia walaupun masih banyak juga yang gugur dalam upayanya. Kegagalan PKI dalam mengubah unsur pancasila membuat pemerintah Orde baru menetapkan 30 September sebagai hari peringatan G30SPKI dan sehari setelahnya yaitu pada 1 oktober secara resmi ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila.

  1. Selain mengetahui terjadinya G30SPKI, anda juga perlu tahu apa makna kesaktian Pancasila. Kesaktian pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa Pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak dapat dan tidak boleh diubah oleh siapapun.
  2. Makna kesaktian pancasila yang ke dua yaitu hari dimana seluruh anggota serta pejabat militer Indonesia atau TNI berkabung . Hal ini karena pada masa itu banyak sekali perwira TNI yang gugur dan hilang secara tiba- tiba.
  3. Penghormatan juga merupakan salah satu makna kesaktian pancasila, dimana setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi Pancasila.
  4. Adapun makna kesaktian Pancasila sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar Negara serta ideology bangsa. Pancasila sendiri memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara Indonesia untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan.

Itulah empat makna kesaktian Pancasila yang utama, pancasila sendiri saat ini diwajibkan selain dibacakan saat Upacara wajib juga saat Upacara di hari penting seperti hari nasional dimana seluruh warga Negara Indonesia memperingatinya. Untuk selalu mengenang jasa para pahlawan dalam peristiwa G30SPKI, maka setiap tanggal 30 september juga diperingati sebagai hari G30SPKI.

Pancasila sendiri dilambangkan dengan berbagai macam gambar dan pola pada dada seekor burung garuda. Burung garuda sendiri merupakan sejenis burung elang atau juga bisa disebut dengan rajawali. Di dadanya terdapat kelima gambar yang merupakan simbol dari lima sila pada Pancasila. Secara resmi burung garuda selalu ditempatkan di atas tembok di antara gambar presiden dan wakil presiden di bagian kanan dan kirinya.

Hal itu tentunya memiliki makna tersendiri berupa bentuk penghormatan terhadap ketiga komponen penting pembentuk bangsa. Ketiga komponen itu tentunya Pancasila sebagai dasar Negara berbeda dengan teori teori ideologi, presiden sebagai pemimpin Negara, dan wakil presiden sebagai pendamping sekaligus wakil pemimpin Negara Indonesia. Selain itu symbol dan burung garuda juga memiliki makna penting.

Makna Simbol Pancasila

Untuk burung garuda sendiri memiliki makna kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 serta kegagahan dan kekokohan bangsa Indonesia. Sedangkan gambar- gambar pada dada sang garuda memiliki makna khusus sebagai simbol pancasila. Adapun makna- makna yang digambarkan oleh simbol- symbol tersebut. Bagi anda yang penasaran berikut penjelasan singkatnya.

  • Bintang, merupakan perlambangan dari sila pertama dimana Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan serta keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Rantai, gambar rantai pada dada burung garuda merupakan perlambangan dari sila kedua dimana bangsa Indonesia harus bisa mengakui dan memperlakukan sesamanya sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
  • Pohon Beringin, adapun makna dari pohon beringin sebagai symbol sila ke tiga yaitu bangsa Indonesia mampu menempatkan persatuan dan kesatuan sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Kepala Banteng, sila ke empat digambarkan sebagai kepala banteng dimana memiliki makna bahwa setiap warga Negara Indonesia memiliki kedudukan, hak serta kewajiban yang sama.
  • Padi dan Kapas, sila terakhir yaitu sila kelima dimana memiliki symbol padi dan kapas dengan arti setiap warga Negara Indonesia harus mengembangkan dan melakukan perbuatan luhur dengan mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan serta kegotongroyongan.

Itulah makna kesaktian Pancasila serta hal- hal yang terkait dengan Pancasila. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, , ,




Oleh :
Kategori : Negara