10 Permasalahan Yang Sering Dihadapi Infrastruktur Di Indonesia

Di era globalisasi saat ini keberadaan infrastruktur merupakan hal yang mutlak. Infrastruktur bisa membuat suatu negara menjadi maju dan menyamakan diri dengan negara lainnya yang ada di dunia. Ciri-ciri globalisasi yang saat ini dapat anda lihat adalah mudahnya melakukan komunikasi antara negara dan antar benua.

Semua ini bisa dilakukan hanya dengan adanya dukungan memadai dari infrastruktur di suatu negara. Namun, membangun dan mengembangkan infrastruktur suatu negara bukanlah hal yang mudah. Pun begitu di Indonesia. Berikut ini 10 permasalahan yang sering dihadapi infrastruktur di Indonesia:

  1. Kurang koordinasi dalam pembangunan infrastruktur. Dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia kamu akan sering sekali menemui pembangunan yang lambat dilakukan. Permasalahan yang sering dihadapi  infrastruktur ini umumnya terjadi karena kurangnya koordinasi terkait dengan pendistribusian wewenang. Selain itu, bentuk-bentuk keputusan bersama yang harusnya dikoordinasikan sering kali tidak berjalan dengan baik. Kurangnya manfaat musyawarah antar lembaga membuat pembangunan infrastruktur berjalan lebih lambat dari rencana yang disusun.
  2. Rencana pendanaan pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai. Suatu pembangunan infrastruktur seringkali terhambat karena kurangnya biaya. Seharusnya permasalahan ini dapat disiasati dengan melibatkan pihak swasta.
  3. Pembebasan lahan yang masih sulit dilakukan. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat menjadi kendala untuk membebaskan lahan guna proses pembangunan. Kadang pembebasan lahan ini bisa menjadi faktor penyebab konflik sosial di tengah-tengah masyarakat. Ini tentu bukan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Seharusnya pemerintah bisa mendengarkan aspirasi masyarakat dan masyarakat pun bisa menerima masukan dari pemerintah.
  4. Kapasitas lembaga yang membangun infrastruktur masih kurang. Meskipun setiap lembaga sudah dibagi untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur sesuai dengan bidang pekerjaan, namun tidak semua lembaga dapat melaksanakannya dengan baik. Kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh lembaga menjadi kendala dalam membangun infrastruktur dengan maksimal.
  5. Penyusunan peraturan yang masih lambat. Menyusun peraturan untuk pembangunan bukanlah hal yang mudah. Panjang dan sulitnya birokrasi yang harus dilalui membuat aturan pembangunan sulit untuk diciptakan dan menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi infrastruktur di Indonesia.
  6. Kurangnya kesadaran keselamatan kerja dalam pembangunan infrastruktur. Banyaknya pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak diikuti dengan kesadaran keselamatan dalam proses pembangunannya. Hal ini membuat ada banyak kecelakaan kerja selama proses pembangunan berlangsung.
  7. Kurangnya perawatan infrastruktur yang sudah dibangun. Ketika membangun suatu infrastruktur perawatan harusnya dilakukan agar infrastruktur dapat dipakai dalam waktu yang lama. Jika kurang dirawat, maka infrastruktur bisa rusak dalam waktu dekat.
  8. Kurang sosialisasi kepada masyarakat setelah infrastruktur dibangun. Masyarakat sebagai pemakai infrastruktur harus merawat infrastruktur agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Masyarakat yang dapat merawat infrastruktur merupakan contoh kasus masyarakat madani. Pemerintah yang kurang melakukan sosialisasi terhadap pembangunan infrastruktur menjadi permasalahan yang sering dihadapi infrastruktur sehingga pembangunan tidak berjalan dengan baik.
  9. Desain infrastruktur sering tidak mendapatkan pemeriksaan yang cukup dari para ahli. Apakah kamu sering menemukan jalan yang rusak padahal baru dibangun?. Hal ini umumnya disebabkan oleh proses pembangunan yang kurang melibatkan ahli.
  10. Kapasitas dan kualitas industri pendukung pembangunan infrastruktur masih kurang. Proses pembangunan infrastruktur juga harus melibatkan berbagai industri untuk bisa berlangsung dengan baik. Kapasitas dan kualitas industri pendukung yang kurang menjadi  permasalahan yang sering dihadapi oleh infrastruktur, terutama di Indonesia.

Nah demikianlah 10 jenis permasalahan yang sering dihadapi infrastruktur di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

, , ,




Oleh :
Kategori : Negara