15 Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Sesuatu hal yang baik pasti banyak ujian dalam melakukannya. Belajar merupakan perbuatan yang baik. Dengan belajar kita dapat menambah wawasan ilmu untuk bekal kita hidup baik di dunia maupun di akhirat. Dalam melaksanakan belajar tidak bisa dipungkiri terkadang kita merasa bosan, malas atau perasaan lain yang menyebabkan semangat belajar kita hilang dan penyebab anak sekolah menjadi malas belajar. Hal ini merupakan hal yang wajar, dan kebanyakan orang mengalaminya. Ketika kita merasa malas belajar, maka kita dapat melakukan hal-hal yang dapat memotivasi kita untuk menambah semangat belajar.

Motivasi dalam meningkatkan semangat belajar dibagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri individu sendiri. Motivasi ini memang lebih sulit ditumbuhkan dibanding motivasi eksternal, tetapi jika seseorang telah berhasil menumbuhkan motivasi internal dalam dirinya, maka kepercayaan diri akan terbentuk sehingga akan menimbulkan sikap positif dan sadar akan kebutuhan dirinya dalam belajar.

Sementara motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar diri individu yang mampu mempengaruhi diri individu. Motivasi eksternal bisa berasal daari lingkungan, sosial, penghargaan atau hukuman, teman, peran orang tua dalam mendidik anak serta masih banyak hal lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang. Setiap orang pasti lebih paham tentang dirinya masing-masing dengan apa yang bisa memotivasinya dalam meningkatkan semangat belajar. Kenali diri anda terlebih dahulu jika anda belum menemukan cara untuk mengatasi rasa malas anda dalam belajar atau anda dapat mencoba beberapa cara meningkatkan semangat belajar dalam diri anda :

  1. Bergaul dengan orang bersemangat belajar

Teman sangat mempengaruhi diri kita, apalagi jika kita sering bersamanya maka apa yang menjadi sifatnya atau kebiasaannya mudah sekali kita tertular dengan sifat dan kebiasaannya. Teman yang malas dapat membuatmu terpengaruh dan ikut-ikutan malas, kadang kita malas belajar karena teman kita juga malas belajar. Sebaliknya teman yang bersemangat dalam belajar sangat mempengaruhi kita, sehingga melihatnya menjadikan kita ingin mencontohnya. Aura positif yang ditimbulkan dapat menular. Maka pandai-pandailah dalam memilih teman, karena teman sangat mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan jika kita ingin mengenal orang lain yang belum kita kenal, kita bisa melihat dengan siapa dia berteman saja kita menjadi bisa mengenalnya.

  1. Buat target yang ingin dicapai

Dalam usaha mencapai tujuan, target sangat penting untuk dituliskan, jangan hanya diinget karena kekuatan otak kita tidak mampu selalu mengingatnya. Tulis target yang harus kita capai pada kertas lalu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita melihatnya, seperti lemari, dinding kamar atau bisa juga ditulis di buku agenda atau diarimu. Dengan menulis target yang akan kita capai ini mempunyai kekuatan yang besar dalam mencapai keberhasilan. Menurut Mario Teguh seorang motivator Indonesia, buatlah anda seolah-olah seperti dikejar oleh seekor anjang. Seseorang yang dikejar oleh anjing maka dia akan berlari sekuat tenaga tanpa memperdulikan bahaya yang rintangan yang ada, dia akan fokus agar dapat selamat dari kejaran anjing tersebut. Jika anda dalam belajar juga seperti hal tersebut maka target akan cepat tercapai.

  1. Menunda kesenangan

Tanamkanlah dalam pikiran anda bahwa sesuatu yang diawali dengan perjuangan pasti akan diakhiri dengan kesenangan dan kebahagiaan. Maka tunda terlebih dahulu kesenangan anda, tetapi ganti dengan melakuakan perjuangan belajar menuntut ilmu, walaupun memang rasanya pahit, tetapi jika kita telah menjalaninya maka kita akan merasakan kenikmatannya. Belajar itu menyenangkan karena kita akan bisa mengerti apapun yang ingin kita katahui. Menunda kesenangan terlebih dahulu demi kebahagiaann panjang selanjutnya tidak ada ruginya, daripada sekarang kita bersenang-senang tetapi kita tidak tahu bagaimana nasib kita dimasa depan tanpa mempersiapkannya sekarang, jadi berjuanglah terlebih dahulu dengan semangat belajar.

  1. Buktikan pada orang-orang bahwa anda pintar

Sebenarnya setiap orang telah diberi kekuatan otak untuk berpikir yang tidak berbeda jauh antara satu orang dengan orang lainnya. Yang menentukan kita pintar atau tidak bukan 100% kekuatan otak tetapi kemauan. Seorang yang memliki kemauan yang tinggi akan mempunyai motivasi tinggi dalam mencapai target. Buktikan kepada orang-orang bahwa anda juga termasuk orang yang mempunyai kemauan yang tinggi, dengan bermodal tersebut maka diri anda akan termotivasi untuk semangat belajar. Semangat belajar yang tinggi akan menjadikan anda lebih pintar. Orang yang pintar sering terkalahkan dengan orang yang rajin dan mempunyai kemauan tinggi. Jadi buktikan bahwa andapun bisa menjadi orang pintar.

  1. Atur waktu belajar

Atur waktu anda dalam segala kegiatan yang akan lakukan. Mengatur waktu akan menjadikan diri anda berlatih disiplin serta tidak bertingkah semaunya sendiri atau sesuai kehendak hati. Mungkin ketika anda sedang patah hati, padahal anda besok akan ujian maka anda tidak belajar. Hal ini hal yang harus dihindari karena belajar tetap harus berjalan. Maka dari itu buatlah jadwal agar anda tidak terbawa emosi dengan perasaan hati anda. Jika anda melihat jadwal anda belajar maka lakukanlah, tetapi bukan berati anda harus benar-benar ketat dengan diri anda sendiri. Jika anda sakit anda bisa beristirahat terlebih dahulu. Jika jadwal anda bermain ya silahkan gunakan waktunya untuk bermain. Dengan mengatur waktu belajar maka anda akan fokus dengan belajar anda, karena waktu bermain, belajar atau yang lain telah terpisah-pisah dengan baik.


  1. Fokus lima menit

Hal yang tersulit dalam melakukan sesuatu yaitu untuk memulianya. Kadang kita berpikir melakukan hal lain lebih nyaman dan asyik, tetapi sebenarnya ini adalah pikiran otak yang dapat disiasati. Untuk menghindari sulit memulai belajar maka bayangkan terlebih dahulu bahwa anda akan belajar hanya 5 menit saja, kemudian setelah itu akan berhenti. Dengan demikian maka otak anda akan lebih tertarik untuk belajar karena hanya sebentar. Tetapi setalah anda melakukan belajar dalam 5 menit, maka otak anda akan merasakan suatu kenyamanan sehingga andapun akan enggan untuk memulai sesuatu yang lain lagi. Tetapi dengan catatan bahwa dalam lima menit pertama ini, anda harus benar-benar fokus dengan belajar anda.

  1. Stop atau strat di bagian menarik

Saat anda sedang belajar tetapi anda ingin melakukan sesuatu hal misalnya makan atau minum, maka berhentilah saat anda sedang belajar di bagian yang menarik. Hal ini akan memotivasi diri anda untuk memulai belajar lagi setalah anda makan atau minum, karena pikiran anda akan merasa penasaran dengan kelanjutannya. Ini merupakan trik yang bisa anda coba.

  1. Singkirkan atau menjauh dari gangguan

Banyak gangguan yang akan membuat diri anda merasa tergoda untuk beralih dari belajar dan melakukan antifitas lain, misal menonton TV, tiduran, bermain game, atau sms pacar. Maka sebelum mulai belajar singkirkan hal-hal tersebut atau anda memilih tempat belajar yang terhindar dari berbagai gangguan tersebut. Hal ini akan membuat belajar anda menjadi lebih fokus.

  1. Buat sebuah reward atau hukuman

Reward atau hukuman akan memicu semangat belajar anda sehingga anda akan berpikir jika tidak mencapai terget maka anda akan mendapat hukuman. Hal ini akan seperti memaksa diri anda untuk belajar, tetapi tidak masalah karena paksaan akan menjadi kebiasaan jika dilakukan secara terus-menerus dalam waktu minimal 40 hari. Jika anda tidak percaya anda bisa mencobanya sendiri.

  1. Menonton film motivasi atau membaca novel motivasi

Kadang ada juga orang yang lebih termotivasi ketika membaca novel atau menonton film dibanding mendapat nasehat orang lain atau melihat keberhasilan orang lain, hal ini karena setiap orang mempunyai tingkat emosional yang berbeda. Anda dapat mencoba untuk menonton film atau membaca novel motivasi agar semangat belajar anda bisa semakin meningkat. Novel sekarang telah banyak sehingga anda dapat memilihnya yang seseuai dengan diri anda dapat meningkatkan semangat anda dalam belajar, begitupun dengan film.

  1. Menanamkan kemauan atau niat yang tinggi untuk belajar

Jika jiwa kita telah tertanam kemauan dan niat yang tinggi maka belajar akan menjadi suatu aktifitas yang menyenangkan sehingga tidak ada lagi beban, tetapi yang ada hanya kenikmatan dan kenyamanan karena mendapat banyak informasi yang sebelumnya belum kita ketahui.

  1. Menempelkan kata-kata motivasi di dinding kamar

Kata-kata motivasi jika ditempel di dinding kamar, maka akan selalu terlihat oleh kita, sehingga ketika kita sedang merasa malas maka kita akan melihatnya dan tergugah kembali semangat kita. Hal tersebut seperti menjadi pengingat diri kita sehingga ketika kita akan malas menjadi semangat kembali.


  1. Menggunakan teknik belajar yang efektif

Anda harus pintar dalam menggunakan teknik belajar karena akan mempengaruhi otak kita dalam bekerja menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Belajar lebih efektif dengan teknik 3 x 1 jam lebih baik dibanding dengan 1 x 3 jam. Jadi lebih baik kita belajar 3 kali dengan durasi sekali belajar 1 jam dibanding dengan belajar 1 kali dengan durasi langsung 3 jam.

  1. Pelajari teknik membaca cepat

Dengan pintar teknik membaca cepat maka informasi dan ilmu pengetahuan akan dengan cepat kita peroleh, apalagi di zaman yang era modern globalisasi ini, kemampuan membaca cepat akan semakin mensukseskan anda dalam meraih keberhasilan.

  1. Pelajari teknik mengingat dengan kata kunci atau akronim

Otak ketika mengingat suatu hal akan lebih tajam jika hal yang pendek. Maka buatlah kata kunci atau akronim untuk membantu otak anda dalam mengingat pelajaran, sehingga daya ingat dan konsentrasi anda akan meningkat. Hhal ini juga dapat memacu potensi belajar anda serta ilmunya tidak mudah lupa tau hilang, sampai tua nanti anda dapat teringat karena memang berbentuk akronim.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, March 2016 / 10:12 Oleh :
Kategori : Pendidikan