Peran Ibu Negara dan Contohnya

Seorang wanita disebut sebagai wanita nomor satu pada suatu negara jika memiliki suami seorang presiden, raja atau bahkan perdana menteri. Sebagai wanita nomor satu atau seorang ibu negara beliau memiliki peran begitu penting dan besar dalam menyokong kinerja sang suami atau bapak presiden. Sejumlah kebijakan yang diambil dan diputuskan oleh presiden, tidak terlepas dari campur tangan ibu negara.

Seperti yang kita tahu, seorang istri memiliki peranan yang teramat kuat bagi suaminya. Tidak jarang seorang suami mendiskusikan segala hal yang akan dilakukannya dengan sang istri. Apalagi jika menyangkut hal-hal yang penting, maka istri sudah pasti harus dilibatkan. Peran seorang istri dalam suatu keluarga setara dengan suami dan suami yang baik tentu akan mendengarkan pendapat istrinya. Dalam hal ini istri tentu memiliki dominasi yang hampir sama seperti seorang suami. Tugas bertanggung jawab serta pengambil keputusan memang tugas seorang suami, namun  prosesnya tentu melibatkan istri di dalamnya. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan jika peran seorang ibu negara cukup penting dalam kiprah suaminya selama menduduki jabatan sebagai pemimpin negara. Hal ini juga menjadi alasan kenapa ketika ada negara lain yang ingin memata-matai suatu negara, mereka tidak akan melewatkan gerak gerik ibu negara.

Presiden memiliki banyak sekali kegiatan yang tidak lagi terhitung jumlahnya. Selain itu dengan luasnya wilayah pada suatu negara dan beragam kompleksnya permasalahan yang negara kita hadapi, sangat tidak mungkin jika presiden akan menanggung segala tugas tersebut sendiri. Bahkan ketika sudah ada para pembantu presiden sekalipun, keberadaan ibu negara akan dibutuhkan.

Adapun beberapa peran ibu negara adalah sebagai berikut :

  1. Mengurus keluarga presiden

Seorang presiden juga memiliki keluarga besar layaknya keluarga-keluarga yang lain. Seorang presiden tidak hanya mengatur serta mengurusi negara namun mereka juga memiliki keluarga yang harus diurus. Dalam hal ini ibu negara memiliki peranan yang lebih dalam mengurus rumah tangga keluarga presiden mengingat suaminya memiliki tugas yang harus dijalankan sebagai kepala negara.

  1. Mengambil porsi kegiatan sosial

Tidak hanya di Indonesia, namun di negara-negara lain, ibu negara juga sering megambil porsi kegiatan sosial. Ada banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan oleh ibu negara seperti halnya kegiatan perlindungan perempuan serta anak. Dalam hal ini, seorang ibu negara bisa membantu suaminya dalam menjalankan tugas negara. Seperti yang kita tahu, negara memiliki jumlah populasi yang cukup tinggi dan kepulauan yang begitu banyak. Tentu seorang presiden akan menjalankan tugasnya sebaik mungkin namun tidak semua tugas bisa dilakukan dengan sempurna. Dalam hal inilah seorang ibu negara bisa membantu tugas seorang bapak presiden dalam menjalankan kewajibannya.

Contoh Peran Ibu Negara

Meski tugas negara merupakan tugas dari seorang presiden, namun nyatanya ibu negara juga memiliki peran yang cukup besar di dalamnya. Sebagai seorang istri pada umumnya, ibu negara juga memiliki peran dominan dalam membantu suami mengambil keputusan sekaligus memberi pengaruh pada pola pikir suaminya. Selama presiden menjabat, ibu negara juga banyak melakukan aktivitas sosial dengan mendirikan badan-badan tertentu serta melakukan banyak hal yang dapat membantu meningkatkan kinerja suaminya. Tidak jarang pula ibu negara mendapatkan apresiasi tertentu karena jasanya dalam berbagai bidang.

Berikut adalah beberapa contoh peran ibu negara :

  1. Ibu Ani Yudhoyono, Istri dari mantan bapak presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini, telah melakukan beberapa langkah yang besar dalam menunjang lahirnya sumber daya manusia yang lebih baik di negara kita. SIKIB merupakan badan yang dibentuk oleh ibu Ani yudhoyono pada tahun 2005 dengan tujuan membantu percepatan laju implementasi dalam bidang pendidikan, kreativitas, kepedulian sosial dan lingkungan, kesehatan serta pemberdayaan perempuan. SIKIB  juga merupakan arahan dari presiden SBY supaya istri pejabat mau berkontribusi di beragam jenis kegiatan sosial.

    Program ini dimaksudkan untuk mencapai lahirnya sumber daya manusia yang handal. Untuk mencapai tujuannya tentu diperlukan pendidikan yang baik sebagai modal utamanya.
  2. Contoh lainnya adalah ibu Iriana Joko Widodo yang kini dikukuhkan sebagai bunda PAUD. Pada pidato pembukaan, Ibu Iriana Joko widodo menyampaikan pentingnya pendidikan usia dini di wilayahnya masing-masing. Hal ini membuktikan kecintaannya pada dunia pendidikan terlebih pada usia dini.
  3. Bukan hanya di Indonesia namun di negara-negara lain, peran ibu negara juga cukup besar. Sebagai contoh ibu negara Dolley Madison. Ibu negara ini bahkan tercatat sebagai ibu negara yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah AS. Madison merupakan istri dari seorang presiden yang untuk pertama kalinya menyebut dirinya sendiri sebagai ibu negara. Madison menganggap jika sebagai istri seorang presiden, dia berhak tampil pada urusan-urusan publik dan bukan hanya sekedar menjadi penyambut tamu di gedung putih. Dia harus ikut tampil di hadapan publik dan menunjukkan pengaruh yang dia punya sebagai seorang istri presiden.
  4. Kedudukan kuat ibu negara Madison hanya bisa ditandingi oleh istri presiden  F.D Roosevelt yang menjabat sebagai presiden pada tahun 1933- 1945. Eleanor merasa tertekan dengan peran ibu negara sebelumnya, dimana ibu negara hanya mengurusi masalah-masalah domestik saja. Dengan dukungan kuat dari sang suami. Ibu negara Eleanor melakukan banyak kegiatan di berbagai bisnis serta kebijakan-kebijakan sosial yang sebelumnya juga pernah dilakkannya sebelum menjadi ibu negara.

    Ia bahkan menjadi ibu negara yang melakukan konferensi pers untuk pertama kalinya. Selama mendampingi suaminya selama 12 tahun, Eleanor tercatat telah melakukan banyak konferensi pers. Ibu negara Eleanor mendapat julukan sebagai ibu negara paling kontroversional.
  5. Eleanor memiliki begitu banyak jadwal kunjungan resmi. Disamping itu, ibu negara Eleanor dikenal sebagai sosok yang sering mengunjungi acara kaum buruh secara pribadi. Eleanor juga banyak mendengarkan keluhan-keluhan secara langsung keluhan rakyatnya. Hal ini nyatanya dapat mengurangi dampak ketegangan hubungan veteran dan pemerintah. Eleanor mengecam diskriminasi yang dilakukan terhadap pekerja perempuan. Selain itu dia juga menyampaikan pendapatnya supaya ada aturan pemberian jam kerja yang tidak terlalu menyiksa bagi para laki-laki yang tengah berperang. Hal ini dilakukan agar para laki- laki  juga memiliki waktu untuk mengurus rumah tangga. Dibandingkan dengan ibu negara yang sebelum-sebelumnya, Eleanor dianggap sebagai ibu negara yang mampu memecahkan kebekuan terhadap peran seorang ibu negara.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 04th, March 2016 / 09:38 Oleh :
Kategori : Negara